Penyebab Penyakit Liver

Penyebab penyakit liver - Hati merupakan salah satu organ penting yang terdapat dalam tubuh manusia. Beberapa fungsi hati yaitu untuk mengeluarkan racun dari dalam tubuh, memproduksi protein yang dapat membersihkan darah dan menyalurkan vitamin dan nutrisi ke tubuh. Hati merupakan kelenjar terbesar yang terdapat dalam tubuh manusia. Letak hati berada di dalam rongga perut bagian kanan, tepatnya di bawah diafragma. Hati termasuk organ ekskresi karena membantu ginjal dengan cara memecah senyawa yang memiliki sifat racun dan menghasilkan amonia, asam urat dan urea.

Ada 2 jenis kanker yang dapat menyerang hati, yaitu:

1. Kanker hati primer
Kanker hati primer ini merupakan sel-sel kanker yang pertama kali terbentuk di dalam hati yang kemudian menyebar dan menyebabkan kerusakan pada organ tubuh lainnya.

2. Kanker metastasized
Kanker ini berasal dari sel-sel kanker yang terbentuk pada organ lain. Kanker ini dapat menyerang hati karena prinsip kerja hati adalah menyaring darah dari racun dan virus. Beberapa organ yang menjadi tempat tumbuh dan berkembangnya sel kanker antara lain: dada, colon, perut dan pankreas.

Penyebab penyakit liver

Secara umum, penyakit yang menyerang hati disebut juga hepatitis. Peradangan yang terjadi pada hati karena racun, seperti obat/kimia atau gangguan fungsi hati yang diakibatkan oleh keracunan atau suatu agen infeksi. Bila kurang dari 6 bulan, penyakit tersebut disebut dengan hepatitis akut dan bila penyakit tersebut menyerang  selama lebih dari 6 bulan disebut dengan hepatitis kronis.

Gejala yang tampak pada penderita hepatitis salah satinya adalah selapit putih mata dan kulit dapat berubah menjadi berwarna kuning. Warna kuning yang muncul disebabkan oleh cairan empedu yang kadarnya berlebihan dalam darah.

Kanker hati belum diketahui penyebabnya secara pasti. Namun, kanker ini bisa diidentifikasi dengan penyakit atau infeksi yang sedang atau pernah diderita, seperti  hepatitis B kronis, cirrhosis liver, infeksi hepatitis C, diabetes mellitus, infeksi racun (seperti jamur aflotoxin, arsenic, anabolic steroids dan vinyl chloryde). Faktor lainnya adalah akibat merokok.

Jadi sebenarnya penyebab penyakit lever belum benar-benar diketahui secara pasti.

0 Response to "Penyebab Penyakit Liver"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel