Penyebab dan Cara Mengobati Asam Urat


Penyebab dan cara mengobati asam urat - Asam urat merupakan senyawa turunan purin. Kekurangan atau kelebihan kadar asam urat dalam tubuh sering dijadikan indikasi bahwa seseorang mengalami penyakit atau gangguan pada tubuhnya.

Penyebab penyakit asam urat

Penyakit asam urat disebabkan oleh konsumsi zat purin yang berebihan. Purin diolah oleh tubuh menjadi asam urat, namun bila kadar asam urat berlebih, ginjal tidak dapat mengeluarkan sehingga terjadi penumpukan kristal asam urat pada daerah persendian. Akibatnya sendi terasa bengkak, nyeri dan mengalami peradangan.

Asam urat merupakan penyakit dari sisa metabolisme yang berasal dari makanan. Purin merupakan zat yang terdapat dalam bahan makanan yang berasal dari makhluk hidup. Dengan kata lain, purin bisa berpindah ke dalam tubuh manusia bila manusia mengonsumsi makanan yang berasal dari makhluk hidup. Buah-buahan dan sayur-sayuran juga banyak yang mengandung purin. Purin juga dapat dihasilkan dari hasil perusakan sel tubuh secara normal atau karena adanya penyakit tertentu. Orang yang berusia lanjut rentan terkena asam urat karena adanya penumpukan bahan purin tersebut.

Pada penderita penyakit asam urat, ada berbagai pantangan yang harus dihindari. Berikut ini adalah pantangan-bagi penderita asam urat.

1. Jeroan, seperti usus, paru, otak, babat, limpa, hati dan ginjal
2. Ekstrak daging seperti dendeng dan abon
3. Bebek, kalkun dan angsa
4. Makanan kaleng, contohmya sarden dan kornet sapi
5. Seafood, seperti sotong, cumi-cumi, udang, tiram, remis, kerang, ikan sarden, ikan teri dan kepiting.
6. Kacang-kacangan, seperti kacang tanah, tauge, kacang hijau, emping, melinjo dan kacang kedelai (termasuk hasil olahan kedelai, seperti tahu, tempe, oncom, tauco dan susu kedelai)
7. Sayuran, seperti bayam, buncis, asparagus, kembang kol daun pepaya, kangkung dan daun singkong.
8. Jamur kuping
9. Buah-buahan, seperti nanas dan durian.
10. Air kelapa
11. Krim, es krim, telur, keju kaldu atau kuah daging yang kental.
12. Daging sapi, daging kuda, daging kambing
13. Makanan yang diolah dengan cara digoreng atau dimasak dengan menggunakan mentega/margarin atau makanan yang bersantan.
14. Makanan yang kaya akan kandungan lemak dan protein.

Cara mengobati asam urat

1. Menghindari makanan yang bisa meningkatkan kadar asam urat, seperti jeroan, seafood (makanan laut), makanan kaleng dan lainnya yang merupakan makanan penyebab meningkatnya kadar asam urat.
2. Menghindari makanan dan minuman yang mengandung alkohol
3. Pada orang yang memiliki berat badan berlebih, asam urat biasanya naik sedangkan pengeluarannya hanya sedikit, maka orang biasanya disarankan untuk menurunkan berat badan.
4. Memperbanyak air putih karena bisa membantu membuang purin yang terdapat dalam tubuh.

Itulah penyebab dan cara mengobati asam urat.

ARTIKEL TERKAIT :

{ 0 komentar... read them below or add one }

Posting Komentar