Bahaya Merokok bagi Kesehatan


Bahaya merokok bagi kesehatan sudah dicantumkan pada bungkus rokok. Namun, tetap saja banyak orang yang mempunyai kebiasaan menghisap rokok. Entah sadar akan bahaya rokok atau tidak, yang jelas jumlah perokok aktif masih banyak di Indonesia.

Rokok mengandung nikotin yang mendapatkan kecanduan. Selain itu, rokok juga  mengandung tar, yang merupakan bahan dasar pembuata aspal. Rokok juga mengandung karbon monoksida yang meruapakn gas yang bersifat racun. Selain ketiga bahan tersebut, rokok mengandung hingga 4.000 zat kimia.

Berikut ini adalah bahaya merokok bagi kesehatan :

1. Risiko terkena kanker
Orang yang memiliki kebiasaan merokok rentan terkena penyakit kanker paru-paru. Merokok dapat menyebabkan penyakit kanker. Hal ini karena rokok memiliki kandunan zat yang bersifat karsinogen (dapat menyebabkan kanker).

2. Risiko terkena penyakit jantung
Asap rokok bisa menyebabkan aterosklerosis, yaitu pengerasan pembuluh darah. Kondisi ini dapat menghambat aliran darah dan dapat terjadi penyempitan pada pembuluh darah yang dapat menyebabkan penyakit jantung.

3. Risiko terkena penyakit paru-paru
Kebiasaan merokok dapat meningkatkan risiko terkena penyakit pneumonia, bronkitis kronis dan emfisema. Itulah beberapa penyakit paru-paru yang dapat terjadi akibat kebiasaan merokok.

4. Gangguan janin
Merokok dapat menyebabakan dampak buruk bagi kesehatan reproduksi dan janin dalam kandungan, seperti kemandulan, kematian janin, keguguran, bayi lahir dengan berat badan yang rendah dan bahkan sindrom kematian mendadak pada bayi.

5. Gangguan pernapasan
Merokok bisa meningkatkan risiko terkena penyakit paru-paru kronis. Penyakit ini merupakan penyakit yang mematikan.

6. Menyebabkan penyakit mulut
Penyakit mulut yang dapat disebabkan karena merokok antara lain kanker leher, kanker mulut, penyakit pada gigi dan napas. Selain itu, jelas merokok juga menyebabkan bau mulut .

7. Meningkatkan risiko kebutaan kebutaan
Kebiasaan merokok dapat meningkatkan risiko degenerasi makula yang merupakan penyebab kebutaan pada orang yang berusia lanjut.

8. Menyebabkan impotensi
Merokok bisa menyebabkan impotensi.

9. Menyebabkan diabetes
Merokok dapat meningkatkan risiko terkena penyakit diabetes.

Itulah bahaya merokok bagi kesehatan. Memang banyak bahaya merokok bagi kesehatan, namun msih banyak orang yang memiliki kebiasaan merokok. Bahaya merokok bukan hanya pada perokok aktif saja, tapi juga pada perokok pasif. Jadi, orang yang tidak merokok pun bisa terkena dampak buruk asap rokok jika ikut menghirup asap rokok.

ARTIKEL TERKAIT :

{ 0 komentar... read them below or add one }

Poskan Komentar