Upaya Mengobati Penyakit Kanker


Upaya mengobati penyakit kanker - Kanker merupakan salah satu penyakit berat. Kanker merupakan penyakit yang disebabkan oleh adanya jaringan abnormal pada tubuh. Sel-sel kanker dapat berkembang cepat, tidak dapat dikendalikan dan terus membelah diri. Jenis kanker tergantung pada letak tumbuhnya jaringan abnormal. Misalnya, jika tumbuhnya jaringan abnormal tersebut terjadi pada usus, maka disebut kanker usus, jika tumbuhnya jaringan abnormal pada tenggorokan, maka disebut kanker tenggorokan.

Ada 2 jenis upaya mengobati penyakit kanker, antara lain pengobatan konvensional dan pengobatan herbal :

1. Pengobatan kanker konvensional

A. Pengobatan kanker dengan kemoterapi
Pengobatan ini bekerja dengan prinsip membunuh atau meracuni sel-sel kanker, mengontrol pertumbuhan sel-sel kanker dan menghentikan pertumbuhan sel-sel kanker agar tidak menyebar atau untuk meminimalisir gejala yang ditimbulkan oleh kanker. Sifat kemoterapi adalah sistematik, tidak seperti pembedahan atau radiasi yang bersifat setempat. Oleh sebab itu, pengobatan dengan kemoterapi bisa menjangkau sel-sel kanker yang mungkin saja telah menyebar ke bagian tubuh lainnya.

Dalam pengobatan kemoterapi, terdapat efek samping bagi yang menjalaninya. Efek samping tersebut dapat berupa penurunan anemia, infeksi (ditandai dengan sakit tenggorokan, panas, rasa panas ketika kencing, menggigil dan luka yang memerah, rasa hangat dan bengkak), rambut rontok, pendarahan seperti mimisan, mual dan muntah dan masih ada efek samping lainnya.

B. Pengobatan kanker dengan terapi radiasi (penyinaran)
Terapi radiasi dilakukan untuk menghancurkan jaringan-jaringan yang telah terkena kanker. Efek samping dari terapi ini adalah penurunan jumlah sel darah putih, infeksi, mual, muntah, rasa lelah, reaksi kulit seperti terbakar matahari, diare, kebotakan, sakit pada mulut dan tenggorokan.

C. Pengobatan kanker dengan pembedahan
Pembedahan merupakan cara lama untuk mengatasi kanker.

D. Pengobatan kanker dengan terapi kombinasi
Untuk beberapa kanker, pengobatan yang terbaik berupa kombinasi dari kemoterapi, penyinaran dan pembedahan.

2. Pengobatan kanker dengan herbal
Pengobatan herbal memanfaatkan tanaman-tanaman obat. Misalnya, ekstrak keladi tikus yang dipadukan dengan bahan lainnya yang juga alami dan diolah secara modern, yang bermanfaat untuk membantu detoksifikasi jaringan darah dan menstimulasi sistem kekebalan tubuh untuk memberantas sel kanker.

Itulah diantara upaya mengobati penyakit kanker. Tetapi masih banyak lagi informasi cara mengobati penyakit kanker yang dapat anda temukan di internet.

ARTIKEL TERKAIT :

{ 0 komentar... read them below or add one }

Posting Komentar