Penyebab dan Pengobatan Penyakit Lupus

Penyebab dan pengobatan penyakit lupus - Lupus merupakan penyakit yang secara sederhana dideskripsikan jika tubuh menjadi alergi terhadap dirinya sendiri. Lupus bukan merupakan penyakit yang menular. Penyakit ini merupakan gangguan autoimun. Penyakit ini merupakan penyakit di mana sistem kekebalan tubuh menyerang sel dari jaringan tubuh itu sendiri.

Penyebab penyakit lupus

Penyebab lupus masih belum diketahui secara pasti, kecuali lupus yang disebabkan oleh reaksi obat.

Gejala penyakit lupus

Penyakit lupus dapat menunjukkan gejala-gejala umum seperti kulit yang mudah gosong bila terkena sinar matahari, lemas, adanya gangguan pencernaan, kelelahan yang berlebihan, pegal-pegal, demam, anemia, rambut sering rontok dan muncul ruam merah pada bagian pipi. Itulah gejala-gejala yang bisa timbul pada orang yang menderita penyakit lupus.

Lupus dibagi menjadi beberapa jenis. Berikut ini adalah jenis-jenis penyakit lupus.

1. Lupus diskoid
Lupus diskoid ditandai dengan ruam yang timbul pada bagian wajah, kulit kepala dan leher, tetapi tidak berpengaruh terhadap organ internal.

2. Lupus sistemik
Lupus diskoid bisa berkembang menjadi lupus sistemik yang berpengaruh terhadap organ internal tubuh, seperti ginjal, paru-paru, sendi, jantung dan darah. Lupus sistemik serimgkali ditandari dengan adanya periode suar (saat penyakit ini aktif) dan periode remisi (ketika penyakit ini non-aktif).

3. Lupus neonatal
Bayi yang belum lahir dan bayi yang baru lahir bisa terdapat ruam kulit dan komplikasi yang lainnya pada darah dan hatinya sebagai akibat dari serangan antibodi dari ibunya. Ruam yang timbul dapat memudar pada 6 bulan pertama kehidupan anak.

Pengobatan penyakit lupus

Pengobatan penyakit lupus bertujuan untuk menekan sistem imunitas tubuh yang terlalu aktif dan untuk mengurangi peradangan. Obat-obatan yang umum dipakai untuk pengobatan lupus adalah obat anti-inflamasi non-streoid (NSAID), steroid dan obat antimalaria. Obat-obatan tersebut bisa diberikan dalam bentuk kombinasi atau secara sendiri-sendiri. Pada kasus yang parah mungkin digunakan obat penekan imun seperti methotrexate, azathioprine dan cytoxan.

Itulah pengobatan penyakit lupus. Jadi, penyebab penyakit lupus masih belum diketahui secara pasti.

0 Response to "Penyebab dan Pengobatan Penyakit Lupus"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel