Cara Melancarkan Haid / Menstruasi pada Wanita


Cara melancarkan haid pada wanita - Haid atau datang bulan atau disebut juga menstruasi merupakan perubaha fisiologis pada tubuh wanita yang dipengaruhi oleh hormon reproduksi, baik LH-Progesteron maupun FSH-Estrogen. Haid terjadi secara berkala dan biasanya terjadi pada setiap bulan pada perempuan usia remaja hingga datangnya masa menopouse. Wanita yang sudah masuk ke dalam masa menopouse sudah tidak mengalami haid lagi.

Haid dapat menyebabkan rasa sakit pada haid yang tidak lancar. Berikut ini adalah faktor-faktor penyebab datang bulan / haid tidak lancar :

1. Adanya ketidak seimbangan pada suatu organ yang menghasilkan hormon estrogen dan progesteron.

2. Kekurangan berat badan atau kelebihan berat badan.

3. Ketika haid, siklus yang terjadi memakan waktu yang cukup lama.

4. Menderita kista, tumor atau diabetes

5. Tidak seimbangnya nutrisi.

6. Diet yang kurang tepat.

Adapun haid atau menstruasi bisa mengalami gangguan karena adanya kelainan. Berikut ini adalah kelainan-kelainan menstruasi.

1. Amenorrhea
Bila wanita tidak mengalami menstruasi hingga 3 bulan, kemungkinan ia hamil. Tetapi, hal itu juga bisa disebabkan karena perimenopause, menopause atau amenorrhea. Amenorrhea dapat disebabkan oleh stres, aktivitas fisik yang terlalu berat atau penurunan berat badan yang terlalu banyak. Selain itu, amenorrhea juga bisa terjadi sebagai akibat dari efek samping suatu penyakit tertentu.

2. Oligomenorrhea
Oligomenorrhea merupakan menstruasi atau haid yang tidak teratur. Menstruasi yang tidak teratur dapat disebabkan oleh tidak seimbangnya hormon atau adanya kelainan, yang dapat berpengaruh terhadap kesuburan dan peluang wanita untuk hamil.

3. Menorrhagia
Menorrhagia merupakan menstruasi yang sangat hebat. Jika seorang wanita mengalami menstruasi hingga 7 hari atau lebih dan darah yang keluar tidak lagi mampu ditampung oleh pembalut, maka kemungkinan ia mengalami menorrhagia.

Itulah beberapa kelainan haid atau menstruasi. Adapun cara melancarkan haid pada wanita bisa dengan cara melakukan cara-cara berikut ini.

1. Menjaga pola makan dan melakukan diet yang benar.

2. Memperbanyak konsumsi air putih.

3. Menghindari aktivitas yang terlalu berat dan melelahkan.

4. Olahraga secara teratur.

5. Memperbanyak konsumsi buah-buahan dan sayur-sayuran.

6. Menghindari untuk mengangkat benda-benda yang berat.

7. Pada wanita yang mempunyai kista, disarankan untuk menghindari makanan yang asam dan pedas serta makanan siap saji.

8. Menghindari makanan yang berbahaya jika dikonsumsi saat haid.

Itulah cara melancarkan haid pada wanita. Semoga bermanfaat...

ARTIKEL TERKAIT :

{ 0 komentar... read them below or add one }

Poskan Komentar