Terapi Air Putih untuk Kesehatan

Terapi air putih untuk kesehatan - Tubuh memerlukan air untuk menjaga agar proses metabolisme tubuh seimbang. Jika jumlah asupan cairan tidak lebih banyak dari jumlah pengeluaran, maka hal ini bisa menyebabkan dehidrasi, suatu kondisi di mana tubuh mengalami kekurangan cairan.

Terapi air putih untuk kesehatan merupakan kebiasaan minum air putih untuk tujuan kesehatan. Berikut ini adalah manfaat terapi air putih bagi kesehatan.

1. Menjaga fungsi ginjal
Cairan merupakan media yang bermanfaat untuk mengangkut zat sisa dalam tubuh. Saat tubuh memiliki cairan yang cukup, urin dapat mengalir bebas, jernih dan tidak berbau menyengat. Sebaiknya, jika tubuh kekurangan cairan, maka konsentrasi, bau dan warna urin tidak seperti ketika tubuh memiliki cairan yang cukup. Jika tubuh kekurangan cairan, ginjal harus menyerap cairan ekstra untuk melakukan fungsinya. Kurang minum air bisa menyebabkan terbentuknya batu pada ginjal.

2. Membuat kulit tampak bersinar
Salah satu cara agar kulit tetap lembab adalah dengan mengonsumsi air putih. Selain menjaga kelembaban kulit, minum air putih juga bisa membantu membuang racun dari dalam tubuh sehingga kesehatan kulit terjaga.

3. Menjaga keseimbangan tubuh
Sebagian besar tubuh manusia terdiri atas cairan. Cairan tersebut berfungsi untuk proses pencernaan, mengangkut nutrisi, menyerap sari makanan, mempertahankan suhu tubuh dan sirkulasi tubuh. Dengan fungsi-fungsi tersebut, air sangat diperlukan oleh tubuh. Tubuh yang kekurangan cairan bisa mengalami dehidrasi.

4. Membantu membangkitkan otot
Sel-sel yang tidak dapat mempertahankan keseimbangan cairan dan elektrolit dapat menyebabkan otot mengalami kelelahan. Saat sel-sel otot kekurangan cairan, sel-sel otot tersebut tidak dapat berfungsi dengan baik dan kemampuannya berkurang.

5. Membantu mengendalikan kalori
Air putih bisa dijadikan sebagai pengganti minuman yang mengandung kalori tinggi sehingga bisa membantu program diet.

6. Menjaga fungsi usus
Jika tubuh mendapatkan asupan cairan yang cukup, maka makanan yang melalui saluran pencernaan bisa mengalir dengan lancar. Asupan air yang cukup juga bisa mencegah sembelit. Jika asupan cairan tidak cukup, maka usus akan menyerap cairan dari feses untuk menjaga hidrasi. Hal ini bisa menyebabkan sembelit.

Itulah beberapa manfaat air putih bagi kesehatan tubuh. Jadi, terapi air putih untuk kesehatan sangat penting karena banyak manfaatnya bagi tubuh.

0 Response to "Terapi Air Putih untuk Kesehatan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel