5 Manfaat / Khasiat Buah Apel

5 manfaat / khasiat buah apel - Apel bukanlah buah yang sulit didapatkan di Indonesia. Buah ini mudah didapatkan dan bisa didapatkan dengan harga yang relatif murah. Buah ini sangat cocok dimakan sebagai pencuci mulut. Selain rasanya yang nikmat, buah apel mengandung berbagai manfaat untuk kesehatan tubuh.

Lalu apa saja manfaat buah apel bagi kesehatan? Berikut 5 manfaat / khasiat buah apel :

1. Mencegah penyakit Alzheimer
Alzheimer merupakan penyakit gangguan otak yang membuat penderitanya sulit mengingat atau lupa ingatan. Lupa ingatan bisa berkaitan dengan usia tua. Hal ini karena semakin tua seseorang, fungsi otaknya akan mengalami penurunan hingga bisa membuat seseorang mengalami lupa ingatan. Penyakit tersebut ternyata bisa dicegah dengan cara mengkonsumsi buah apel. Berdasarkan sebuah penelitian di Universitas Cornell, kandungan quercetin yang terdapat di dalam buah apel mampu melindungi sel otak dari jenis kerusakan radikal bebas yang bisa mengakibatkan timbulnya penyakit Alzheimer.

2. Mencegah kanker paru-paru
Selain mencegah penyakit Alzheimer, buah apel juga dapat mencegah penyakit kanker paru-paru. Berdasarkan sebuah penelitian, mengonsumsi apel bisa mengurangi risiko terkena kanker paru-paru. Hal ini disebabkan oleh kandungan flavonoid quercetin dan naringin yang terdapat di dalam buah apel.

3. Membantu menyembuhkan penyakit asma
Ada sebuah penelitian yang membuktikan bahwa buah apel bisa membantu menyembuhkan penyakit asma. Penelitian tersebut membuktikan bahwa anak yang menderita penyakit asma dan minum jus apel setiap hari lebih mudah sembuh bila dibandingkan dengan anak yang mengonsumsi jus apel sekali dalam sebulan. Penelitian lain juga membuktikan bahwa anak yang lahir ibu yang gemar makan buah apel dalam jumlah yang banyak sewaktu hamil mempunyai risiko rendah terkena serangan asma.

4. Memperkuat tulang
Pada banyak manula, osteoporosis dapat terjadi. Namun, osteoporosis dapat dicegah dengan cara mengkonsumsi buah apel. Hal ini dikarenakan buah apel memiliki kandungan zat yang disebut phloridzin, yaitu zat yang mampu memperkuat dan melindungi tulang setelah seseorang memasuki usia lanjut.

5. Menurunkan berat badan
Ada sebuah penelitian yang membuktikan bahwa wanita yang mengonsumsi 3 buah apel atau per hari berat badannya turun daripada wanita yang tidak mengkonsumsi buah apel ketika sedang menjalani diet.

Itulah 5 manfaat / khasiat buah apel intu kesehatan.

0 Response to "5 Manfaat / Khasiat Buah Apel"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel