Penyebab dan Cara Mengatasi Diabetes

Penyebab dan cara mengatasi diabetes - Diabetes merupakan suatu kondisi di mana kadar gula dalam tubuh melebihi batas normal. Tubuh manusia membutuhkan glukosa untuk diubah menjadi energi. Glukosa berasal dari karbohidrat yang terdapat pada makanan, seperti nasi. Glukosa diubah menjadi tenaga dengan bantuan hormon insulin. Hormon ini dihasilkan oleh pankreas.

Diabetes terdiri dari diabetes tipe 1, diabetes tipe 2, diabetes tipe ibu hamil dan kanker pankreas.

1. Diabetes tipe 1
Pada diabetes tipe 1, pankreas penderita mengalami kerusakan. Dalam hal ini, penderita harus diberi suntik insulin.

2. Diabetes tipe 2
Pada diabetes tipe 2, organ pankreas penderita tidak sepenuhnya rusak. Pankreas hanya tidak dapat menghasilkan hormon insulin. Hal ini menyebabkan kadar glukosa dalam darah menjadi tinggi karena tidak ada pengontrolnya, yaitu insulin. Sebagai pengganti insulin, penderita dapat diberi obat penurun kadar gua darah.

3. Dabetes tipe ibu hamil
Tipe diabetes ini ada persamaan dengan diabetes tipe 2. Bedanya, diabetes ini dialami oleh ibu hamil. Hal ini terjadi bila ibu hamil mengonsumsi gula secara berlebihan, sedangkan ibu hamil jarang melakukan aktivitas fisik karena kehamilannya. Aktivitas fisik sangat penting untuk membakar kalori yang berlebihan yang berasal dari karbohidrat dan gula. Oleh karena itu, ibu hamil disarankan agar cukup mengonsumsi karbohidrat dan gula.

4. Kanker pankreas
Kanker pankreas lebih berat daripada dabetes tipe 1. Dalam hal ini, pankreas bukan hanya rusak, tetapi juga mengalami kanker. Seringkali kanker pankreas diawali dengan diabetes tipe 2.

Penyebab dan cara mengatasi diabetes

Diabetes disebabkan oleh rusaknya organ pankreas sehingga insulin yang berfungsi sebagai pengontrol gula darah tidak bisa dihasilkan oleh pankreas.

Selain faktor genetik, diabetes juga dapat disebabkan oleh hal-hal berikut ini.

1. Tidur setelah makan
Karbohidrat dan gula diubah menjadi energi dengan bantuan hormon insulin. Bila tidak digunakan untuk melakukan aktivitas, maka karbohidrat dan gula akan diubah menjadi lemak. Jika kebiasaan ini terus-menerus dilakukan, maka pankreas hal ini dapat merusak pankreas. Untuk menghindarinya, perbanyak melakukan aktivitas fisik.

2. Kekurangan kalsium
Selain bermanfaat untuk tulang dan gigi, kalsium juga diperlukan untuk menjaga fungsi pankreas.

3. Kebiasaan mengonsumsi gula secara berlebihan
Mengonsumsi gula secara berlebihan dapat memberatkan kerja pankreas.

Cara mengatasi diabetes adalah dengan berusaha agar gula darah tetap terkontrol, sehingga tidak menimbulkan komplikasi stroke, gagal ginjal, impotensi, jantung koroner, kebutaan, hipertensi dan luka diabetes.

2 Responses to "Penyebab dan Cara Mengatasi Diabetes"

  1. informasinya sangat bermanfaat sekali baik untuk penderita dan yang belum menderita penyakit ini.
    dengan info ini kita jadi lebih tau mengenai penyakit diabetes melitus.

    http://www.jualberasorganik.net

    BalasHapus

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel