Makanan sehat untuk ibu hamil

Kehamilan merupakan kestimewaan bagi wanita. Wanita yang hamil perlu memperhatikan makanan yang akan dikonsumsi. Makanan dapat mempengaruhi kondisi kandungan. Oleh karena itu, makanan sehat untuk ibu hamil sangat penting untuk menjaga kesehatan janin atau bayi di dalam kandungan. Memakan makanan sehat dan bergizi dapat berpengaruh baik bagi perkembangan bayi di dalam kandungan.

Berikut makanan untuk ibu hamil yang baik untuk menjaga kandungan agar tetap sehat.

1. Makanan yang mengandung karbohidrat
Makanan yang memiliki kandungan karbohidrat merupakan sumber kalori untuk ibu hamil dan bayi dalam kandungan. Makanan yang mengandung karbohidrat dapat berupa nasi, sereal, kentang roti dan sebagainya.

2. Mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin dan mineral
Makanan yang memiliki kandungan mineral dan vitamin juga diperlukan untuk ibu hamil. Buah-buahan dan sayur-sayuran merupakan sumber vitamin dan mineral. Oleh karena itu, sayur-sayuran dan buah-buahan adalah makanan yang perlu dikonsumsi saat hamil. Sayur-sayuran dan buah-buahan memiliki kandungan serat yang dapat memperlancar buang air besar. Hal ini karena wanita hamil dapat terkena sembelit (susah buang air besar).

3. Makanan dan minuman yang memiliki banyak kandungan kalsium
Kalsium memiliki peranan penting dalam pembentukan tulang pada janin di dalam kandungan. Mengonsumsi makanan yang mengandung kalsium dapat membuat bayi di dalam kandungan memiliki tulang yang sehat dan kuat. Makanan yang mengandung kalsium dapat berupa keju dan ikan teri, sedangkan minuman yang mengandung kalsium dapat berupa susu dan yoghurt.

4. Makanan yang mengandung protein
Protein merupakan senyawa organik dengan komponen dasar asam amino. Protein merupakan salah satu zat yang diperlukan oleh ibu hamil. Makanan yang mengandung protein dapat berupa tempe, tahu, daging dan ikan. Bagi wanita hamil, makanan yang mengandung protein tinggi sangat baik untuk dikonsumsi untuk pembentukan jaringan baru pada janin.

Itulah jenis makanan sehat untuk ibu hamil. Sebagai tambahan, ibu hamil perlu menghindari minuman seperti kopi dan teh karena mengandung kafein yang tidak baik untuk janin. Selain itu, minuman yang mengandung alkohol juga harus dihindari. Selain dapat mengganggu kesehatan janin, mengonsumsi minuman yang mengandung alkohol juga dapat mengganggu kesehatan ibu hamil itu sendiri.

3 Responses to "Makanan sehat untuk ibu hamil"

  1. nice info gan, artikel Makanan Sehat Untuk Ibu Hamil memang sangat bermanfaat.

    BalasHapus
  2. wah,..nampaknya saya kena lebihkan makan sayur ni

    BalasHapus
  3. makan sayur banyak dan buah-buahan yang banayk...vitamin ada..sembelit tiada..:)

    BalasHapus

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel