4 Hal yang Bisa Dilakukan Untuk Menjaga Kesehatan Ginjal

4 Hal yang Bisa Dilakukan Untuk Menjaga Kesehatan Ginjal


Ginjal adalah organ vital yang memiliki peran sangat besar bagi tubuh manusia. Ginjal bekerja dengan menyaring zat zat sisa metabolisme yang tidak diperlukan oleh tubuh dan juga dapat menyaring racum dalam darah yang akan dibuang melalui urine.

Agar ginjal terus bekerja sesuai dengan fungsinya pastikan annda menjaga kesehatan ginjal. Berikut ini adalah 4 hal yang bisa dilakukan untuk menjaga kesehatan ginjal.

4 Hal yang Bisa Dilakukan Untuk Menjaga Kesehatan Ginjal 

 

1. Menjaga Pola Makan

Untuk menjaga ginjal agar tetap sehat anda disarankan untuk menjaga pola makan, kurangi mengkonsumsi garam karena garam yang berlebih dapat mengganggu keseimbangan mineral dalam darah. Karena hal tersebut dapat memperberat kerja ginjal dan mengganggu fungsi ginjal.

Gangguan ginjal juga dapat diakibatkan karena tekanan tinggi, jadi anda sangat dianjurkan untuk menghindari makanan yang menyebabkan darah tinggi seperti daging berlemak dan junkfood. Makanlah makanan yang sehat sserta minum air putih secara teratur.

 

2. Olahraga Secara Teratur

Oalahraga secara teratur dapat membantu meningkatkan kesehatan ginjal, karena tubuh aktif bergerak dapat menurunkan tekanan darah sehingga bisa menjaga kesehatan ginjal. Tetapi dengan berolah raga anda juga harus memerhatikan kondisi fikik anda.

Pilihlah olahraga yang mungkin anda sukai seperti bersepeda, berenang, dan yoga yang dapat dilakukan selama 20 menit setiap hari. Jangan lupa untuk mengonsumsi air mineral yang cukup untuk mengganti cairan keringat yang keluar pada saat berolahraga.

 

3.  Menjauhi Rokok dan Alkohol

Merokok dapat menggangu aliran darah menuju ginjal dan bisa membuat ginjal tidak bekerja dengan maksimal. Sedangkan alkohol dapat membuat tubuh kekurangan air dengan kondisi tubuh dehidrasi dapat mengganggu kerja ginjal.

Hindari rokok dan minuman alkohol mulai sekarang karena dapat memberikan dampak buruk bagi tubuh dan juga kesehatan ginjal.

 

4. Menghindari Obat dan Suplemen Tertentu

Usahakan anda tidak mengkonsumsi beberapa antibiotik dan antinyeri, karena obat obat ini dapat beresiko merusak ginjal. Selain itu anda juga harus waspada pada penggunaan suplemen atau obat herbal yang berlebihan.

Karena beberapa obat dan suplemen bila digunakan secara berlebihan tentu dapat berbaya bagi ginjal. Sebelum mengkonsumsi obat pastikan anda mengkonsultasikan terlebih dahulu pada dokter.

Demikian 4 hal yang bisa dilakukan untuk menjaga kesehatan ginjal. Semoga dapat menambah wawasan kita semua serta dapat membantu anda dalam menjaga kesehatan ginjal. (https://tips-sehat-bahagia.blogspot.com)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel