Gejala dan Cara Mencegah Penyakit Kanker

Cara mencegah penyakit kanker - Kanker merupakan penyakit yang disebabkan oleh adanya pertumbuhan sel-sel abnormal yang terdapat pada bagian tubuh. Sel-sel kanker dapat membelah secara terus-menerus sehingga bisa menimbulkan penumpukan sel baru yang dinamakan tumor ganas.

Gejala Kanker

Kanker dapat menimbulkan gejala. Berikut ini adalah gejala-gejala yang secara umum muncul tergantung dari bagian tubuh yang terkena serangan kanker.

Pengeluaran cairan atau pendarahan yang tidak wajar, misalnya ludah, mimisan secara terus menerus, batuk atau muntah berdarah, darah pada air kemih dan darah pada tinja.

Gejala lainnya adalah nyeri. Nyeri dapat timbul sebagai akibat dari tumor yang meluas menekan saraf dan pembuluh darah yang ada di sekitarnya, reaksi kekebalan dan peradangan pada kanker yang sedang tumbuh. Selain itu, nyeri juga bisa disebabkan karena kecemasan atau ketakutan.

Gejala-gejala lainnya yang bisa timbul adalah perubahan kebiasaan buang air besar, gangguan pencernaan seperti kesulitan daam menelan secara terus menerus, luka yang tidak sembuh-sembuh, gangguan pendengaran dan penurunan berat badan secara drastis sebagai akibat dari kurangnya protein dan lemak. Selain gejala-gejala tersebut, masih ada lagi gejala lainnya dari gejala penyakit kanker.

Pencegahan kanker

Secara umum, cara mencegah penyakit kanker adalah dengan cara mengurangi paparan terhadap bahan yang bersifat karsinogen (zat yang dapat menimbulkan kanker), misalnya merokok. Asap rokok mengandung zat yang bersifat karsinogen sehingga merokok dapat menyebabkan penyakit kanker. Pencegahan kanker dapat dilakukan dengan cara menghindari kebiasaan merokok.

Hal lain yang bisa dilakukan untuk menghindari penyakit kanker adalah dengan memperbanyak konsumsi buah-buahan dan sayur-sayuran, berusaha agar berat badan tetap ideal, hidup aktif fisik. Intinya, pencegahan kanker dapat dilakukan dengan menjalani pola hidup dan pola makan sehat.

Pencegahan kanker juga bisa dilakukan dengan minum teh hijau. Hal ini karena teh hijau mengandung antioksidan, yang merupakan suatu zat yang dapat menangkal radikal bebas, suatu zat yang berbahaya bagi kesehatan tubuh.

Itulah cara mencegah penyakit kanker. Kanker merupakan penyakit berat, namun dapat dicegah.

0 Response to "Gejala dan Cara Mencegah Penyakit Kanker"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel