Makanan sehat yang baik dikonsumsi


Makanan sehat yang baik dikonsumsi merupakan makanan yang dapat menyehatkan tubuh. Makanan sehat bermanfaat untuk memenuhi kebutuhan nutrisi yang diperlukan oeh tubuh. Suatu makanan dapat dikatakan sebagai makanan sehat bila makanan tersebut bergizi, higinies dan berkecukupan.

Makanan dikatakan bergizi apabila mempunyai kandungan zat gizi yang cukup diperlukan oleh tubuh, seperti karbohidrat, protein, lemak, vitamin dan mineral. Makanan dikatakan higinies bila tidak mengandung kuman atau bakteri yang dapat mengganggu kesehatan tubuh. Makanan dikatakan berkecukupan apabila memenuhi kebutuhan tubuh pada orang dengan usia tertentu. Misalnya, zat gizi yang dibutuhkan pada usia balita berbeda dengan zat gizi yang dibutuhkan pada usia lansia (lanjut usia). cara memasak, bahan makanan yang digunakan dan suhu pada saat disajikan juga dapat menentukan sehat atau tidaknya suatu makanan. Selain itu, makanan sehat bagi orang lain belum tentu sehat bagi orang yang mengidap penyakit tertentu.


Salah satu kriteria makanan yang sehat untuk dikonsumsi  adalah makanan yang mengandung zat gizi yang cukup untuk memenuhi kebutuhan tubuh. Berikut jenis makanan sehat yang baik dikonsumsi berdasarkan zat gizi yang diperlukan oleh tubuh.

1. Makanan yang mengandung karbohidrat
Karbohidrat merupakan zat yang diperlukan oleh tubuh sebagai sumber energi. Karbohidrat terdiri dari 3 jenis, yaitu monosakarida, disakarida dan polisakarida. Glukosa dari jenis monosakarida merupakan penghasil energi yang utama pada tubuh. Normalnya, darah seseorang terdapat 70 - 100 mg glukosa per 100 ml darah. Kekurangan glukosa dalam darah dapat menyebabkan hipoglikemia, sedangangkan kelebihan glukosa dalam darah dapat menyebabkan hiperglikemia.

Makanan yang mengandung karbohidrat bermanfaat sebagai penghasil energi pada tubuh. Contoh bahan makanan yang mengandung karbohidrat adalah padi, gandum, jagung, sagu, kentang, bentul, ketela pohon dan ketela rambat.

2. Makanan yang mengandung lemak
Lemak diperlukan oleh tubuh sebagai sumber energi setelah karbohidrat. Lemak merupakan sumber energi cadangan bagi tubuh. Selain itu, lemak bermanfaat untuk melindungi tubuh dari kedinginan. Berdasarkan asalnya, lemak terdiri atas lemak hewani dan lemak nabati. Lemak hewani merupakan lemak yang berasal dari hewan, misalnya daging kambing, susu dan mentega. Lemak nabati merupakan lemak yang berasal dari tumbuhan, misalnya, buah avokad, kacang-kacangan dan kemiri.

3. Makanan yang mengandung protein
Protein merupakan zat yang diperlukan oleh tubuh untuk membentuk sel baru dan dan mengganti sel yang rusak. Contoh makanan yang mengandung protein adalah telur ayam, tahu dan tempe.

4. Makanan yang mengandung vitamin
Vitamin merupakan salah satu zat yang dibutuhkan oleh tubuh. Jenis vitamin bermacam-macam dan mempunyai manfaat tersendiri, misalnya vitamin A berguna untuk kesehatan mata, viamin K berguna dalam pembekuan darah. Vitamin banyak terkandung pada sayur-sayuran dan buah-buahan. Memakan sayur-sayuran dan buah-buahan dapat memenuhi kebutuhan vitamin.

5. Makanan yang mengandung mineral
Mineral merupakan zat yang berperan penting bagi tubuh. Jenis mineral ada bermacam-macam dan masing-masing mempunyai fungsi tersendiri. Misalnya kalsium berfungsi dalam pembentukan tulang dan gigi. Mineral bisa didapatkan dengan cara mengonsumsi buah-buahan dan sayuran. Garam juga mengandung mineral, yaitu natrium.

Itulah jenis makanan sehat yang baik dikonsumsi.

ARTIKEL TERKAIT :

{ 3 komentar... read them below or add one }

saracensa mengatakan...

Terimakasih Infonya
sangat bermanfaat..
Perkenalkan saya mahasiswa Fakultas Kedokteran di UNIVERSITAS ISLAM INDONESIA Yogyakarta
:)

Obat Penyubur Kandungan mengatakan...

saya sering berkunjung di blog-blog, postingan tentang makanan sehat ini sangat menarik serta enak dibaca.... saya berharap bisa berkunjung lagi

ILMU 212 mengatakan...

wah artikelnya bagus gan.

Poskan Komentar