Manfaat Madu untuk Kesehatan

Manfaat madu untuk kesehatan - Apa yang Anda bayangkan ketika mengkonsumsi madu? Rasanya yang manis? Ya, madu memang memiliki rasa yang manis. Rasanya lebih manis dari gula, namun indeks glikemiknya rendah.

Ada berbagai yang bisa diapatkan dari mengkonsumsi madu. Berikut ini adalah manfaat madu untuk kesehatan :

1. Madu sebagai antioksidan
Madu mengandung antioksidan yang tinggi sehingga mampu menangkal radikal bebas yang berbahaya bagi tubuh. Dengan adanya kandungan antioksidan yang terdapat pada madu, madu sangat berguna bagi kesehatan tubuh.

3. Madu menghaluskan kulit
Madu memiliki kandungan asam glukonat dan asam organik lainnya yang mampu melonggarkan ikatan sel-sel kulit mati sehingga dapat mempercepat proses regenerasi, menyeimbangkan minyak, meningkatkan elastisitas kulit, mengurangi garis penuaan dan mengurangi keriput. Selain itu, madu juga memiliki kandungan asam amino yang bisa membantu mempertahankan kelembaban kulit.

3. Madu merangsang pertumbuhan jaringan
Madu memiliki kandungan enzim, propolis, serbuk sari, mineral dan vitamin yang bisa merangsang pertumbuhan jaringan yang baru. Jika dipakai pada luka bakar, madu bisa mempercepat penyembuhan luka dan dapat mengurangi jumlah jaringan parut.

4. Madu meringankan penyakit pernapasan
Madu merupakan obat herbal yang bisa membantu meringankan penyakit pernapasan. Sebuah penelitian di Bulgaria membuktikan bahwa madu bisa mengatasi bronkitis asma, bronkitis kronis, sinusitis, alergi dan rinitis kronis. Madu juga bisa digunakan sebagai obat herbal untuk infeksi pernapasan, pilek dan flu.

5. Madu menurunkan glukosa dan kolesterol darah
Meski rasanya lebih manis dari gula, indeks glikemik madu lebih rendah bila dibandingkan dengan gula. Hal ini karena madu diserap secara bertahap ke dalam aliran darah.

Pada penderita diabetes, mengkonsumsi makanan yang memiliki indeks glikemik tinggi bisa menyebabkan timbulnya lonjakan gula dalam darah. Madu bisa dijadikan seagai pemanis alternatif yang aman jika dibandingkan dengan gula buatan. Beberapa penelitian menganggap bahwa madu mampu menurunkan kadar gula dalam darah. Kandungan vitamin dan mineral yang terdapat pada adu juga dapat membantu menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh.

Itulah beberapa manfaat madu untuk kesehatan.

1 Response to "Manfaat Madu untuk Kesehatan"

  1. hmm aku suka banget sama madu, tiap pagi aku berusaha minum madu lho. tapi belum pernah coba madu campur susu nih hehe

    BalasHapus

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel