Cara menurunkan kolesterol dalam tubuh

Cara Menurunkan Kolesterol - Memiliki kadar kolesterol tinggi bisa menyebabkan penyakit jantung. Sudah bukan rahasia lagi kalau penyakit jantung merupakan penyakit berbahaya. Kadar kolesterol yang tinggi juga dapat meningkatkan risiko terkena serangan jantung yang dapat menyebabkan kematian. Tingginya kadar kolesterol bisa mengakibatkan pembuluh arteri mengalami pengerasan. Bila aliran darah yang menuju ke jantung berkurang, maka bisa mengakibatkan rasa sakit pada dada hingga serangan jantung.

Kadar kolesterol yang tinggi dapat diturunkan dengan mengubah gaya hidup dan kebiasaan makan. Berikut cara menurunkan kolesterol dalam tubuh :

1. Ubah pola makan
Memakan makanan yang banyak mengandung lemak dapat meningkatkan kadar kolesterol dalam tubuh. Tingginya kadar kolesterol dapat menyebabkan tubuh menjadi gemuk. Makanan yang mengandung lemak, khususnya lemak trans dapat menyebabkan kegemukan. Oleh karena itu, mengurangi konsumsi makanan berlemak dapat menurunkan kolesterol dalam tubuh yang juga dapat menurunkan berat badan.

Mengonsumsi makanan yang mengandung serat sangat baik untuk orang yang mempunyai kadar kolesterol tinggi. Serat mampu menyerap lemak dan sisa di dalam usus yang nantinya dikeluarkan bersama feses. Makanan berserat mampu mencegah kegemukan dan mencegah peningkatan kadar kolesterol dalam tubuh.

Selain makanan berserat, makanan yang baik untuk orang yang memiliki kadar kolesterol tinggi adalah makanan yang mengandung vitamin E dan mineral kromium. Vitamin E dapat mengurangi pembentukan lemak yang terjadi di dalam arteri. Mineral kromium mampu mempertahankan kadar gula dalam darah sehingga bisa membantu mengontrol kadar kolesterol dalam tubuh.

2. Ubah gaya hidup
Gaya hidup yang tidak sehat perlu diubah agar kadar kolesterol dapat menurun. Kebiasaan buruk seperti merokok dapat berakibat meningkatnya kadar kolesterol dalam tubuh. Menghindari kebiasaan merokok adalah hal yang baik untuk menurunkan kolesterol. Selain itu, melakukan olahraga juga dapat menurunkan kadar kolesterol.

Itulah cara menurunkan kolesterol dalam tubuh. Kadar kolesterol yang tinggi dapat menyebabkan penyakit jantung. Dengan pola makan dan gaya hidup sehat, kadar kolesterol yang tinggi dapat dihindari. Seberapa pun bahayanya kadar kolesterol yang tinggi, hal itu dapat diatasi dengan melakukan kebiasaan makan dan gaya hidup sehat.

0 Response to "Cara menurunkan kolesterol dalam tubuh"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel