Cara Menghilangkan Bekas Luka Bakar


Cara menghilangkan bekas luka bakar - Luka yang sudah sembuh seringkali meninggalkan bekas luka. Bekas luka bisa dihilangkan dengan cara-cara tertentu. Bekas luka yang timbul tergantung pada kolagen kulit. Untuk menghilangkan bekas luka, terapi yang dilakukan ada cukup banyak, dari mulai pemakaian krim hingga tindakan bedah. Managemen terapinya tergantung pada jenis luka dan besarnya luka.

Pada luka bakar, penggunaan verapamil hydrochloride intralesi dengan cara disuntikkan pada bekas luka sudah banyak digunakan. Awalnya, obat tersebut adalah obat anti hipertensi. Namun, berdasarkan hasil penelitian bisa digunakan untuk mengurangi dan bahkan dapat mencegah timbulnya bekas luka. Jadi, cara menghilangkan bekas luka bakar bisa dengan menggunakan obat tersebut.

Jika seseorang mengalami luka bakar ringan, seperti wajan yang menyala pada kompor atau knalpot motor yang panas, maka luka bakar tersebut harus segera diatasi agar tidak meninggalkan bekas luka atau setidaknya bisa meminimalisir bekas luka bisa timbul. Caranya, segera rendam bagian yang mengalami luka ke dalam air dengan suhu normal (kurang lebih 27 derajat Celcius) antara 5 hingga 10 menit. Hal ini bertujuan untuk menetralkan suhu pada bagian yang mengalami luka. Setelah itu, oleskan salep yang khusus dipakai untuk menghilangkan bekas luka bakar.

Penggunaan bahan-bahan alami juga bisa digunakan untuk menghilangkan bekas luka bakar. Berikut bahan-bahan alami yang dapat digunakan sebagai cara menghilangkan bekas luka bakar.

1. Putih telur
Putih telur dapat digunakan untuk menghilangkan bekas luka. Caranya, terlebih dahulu buat campuran antara putih telur dan madu, lalu aduk sampai merata. Oleskan campuran tersebut pada bekas luka secara rutin. Selain dapat menghilangkan bekas luka, ramuan tersebut juga bisa dimanfaatkan untuk mengatasi masalah flek hitam pada wajah.

2. Teh bekas yang sudah dipakai
Selain putih telur, teh bekas yang sudah dipakai juga dapat dimanfaatkan untuk menghilangkan bekas luka. Sediakan teh bekas yang sudah dipakai. Gosok teh tersebut pada bekas luka. Lakukan seperti melakukan luluran. Biarkan dalam waktu antara 10 hingga 15 menit. Lakukan minimal dua kali dalam seminggu.

3. Buah pare
Sediakan buah pare, tumbuk lalu ambil sarinya kemudian campur dengan tepung beras sampai membentuk seperti krim. Basuh bekas luka dengan menggunakan air hangat lalu oleskan campuran tersebut.

Itulah cara menghilangkan bekas luka bakar. Semoga bermanfaat...

ARTIKEL TERKAIT :

{ 1 komentar... read them below or add one }

Cream Pemutih dan Penghilang Bekas Luka Herbal mengatakan...

trims infonya ya. sangat bermanfaat dan inspiratif untuk menghilangkan bekas luka

Posting Komentar