Cara Mencegah Penyakit Jantung

Cara mencegah penyakit jantung -  Penyakit jantung merupakan salah satu penyakit mematikan. Meski pun begitu, penyakit ini bisa disembuhkan. Penyakit jantung bisa dicegah dengan menerapkan pola hidup sehat.

Penyakit jantung tergolong sebagai penyakit berat, namun bisa dicegah. Berikut ini adalah cara mencegah penyakit jantung :

1. Membiasakan pola makan sehat
Hal penting yang harus dilakukan untuk mencegah penyakit jantung adalah membiasakan pola makan sehat dalam sehari-hari, berupa menghindari makanan yang mengandung kolesterol tinggi dan banyak lemak. Makanan yang mengandung banyak lemak dapat berupa makanan yang diolah dengan cara digoreng.

2. Menghindari makanan dan minuman dengan kadar gula tinggi
Selain makanan yang mengandung banyak lemak, makanan dan minuman yang mengandung kadar gula tinggi. Memang gula diperlukan oleh tubuh untuk menghasilkan energi. Namun, asupan gula yang berlebihan tidak bagus untuk tubuh. Kelebihan kadar gula dalam darah dapat menyebabkan hiperglikemia, suatu kondisi di mana kadar gula dalam tubuh melebihi batas normal.

Minuman seperti soft drink mengandung kadar gula yang tinggi yang dapat menyebabkan tubuh terlalu banyak mendapatkan asupan gula.

3. Menghindari kebiasaan merokok
Seperti yang tertera pada bungkus rokok, merokok dapat menyebabkan serangan jantung. Memang benar bahwa kebiasaan merokok merupakan kebiasaan buruk yang bisa menyebabkan penyakit jantung. Jadi, menghindari kebiasaan merokok dapat mencegah penyakit jantung.

3. Hindari obesitas
Obesitas atau kegemukan dapat meningkatkan risiko terkena serangan jantung. Jadi, menghindari obesitas merupakan hal yang penting untuk mencegah penyakit jantung.

4. Menghindari stres
Kondsi stres dapat menyebabkan tubuh memproduksi hormon kortisol, suatu hormon yang dapat menyebabkan pembuluh darah menjadi kaku. Selain itu, hormon norepinephrine juga diproduksi oleh tubuh saat stres yang dapat menyebabkan peningkatan tekanan darah.

5. Memperbanyak konsumsi buah-buahan dan sayur-sayuran
Buah-buahan dan sayur-sayuran mengandung serat yang dapat berguna untuk menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh.

6. Berolahraga secar teratur
Oahraga ringan seperti jalan kaki, jogging dan jalan cepat merupakan beberapa olahraga yang bisa mencegah penyakit jantung, asalkan tidak bersifat kompetisi dan tidak dilakukan secara berlebihan.

Itulah cara mencegah penyakit jantung.

0 Response to "Cara Mencegah Penyakit Jantung"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel