Inilah Penyebab Penyakit Batu Ginjal

Inilah penyebab penyakit batu ginjal - Batu ginjal merupakan benda keras seperti batu yang terbentuk pada ginjal maupun kandung kemih. Batu ginjal yang terbentuk di saluran kemih dapat menyebabkan pendarahan, nyeri, infeksi atau juga bisa terjadi penyumbatan aliran kemih. Batu ginjal dapat menyebabkan nyeri pada daerah pinggang.

Batu ginjal yang mengendap dapat dihancurkan dengan cara alami bila ukuran batu masih kecil. Batu ginjal juga bisa dihancurkan dengan menggunakan sinar laser. Ukuran batu ginjal yang besar dapat diangkat melalui operasi.

Lalu apa saja penyebab batu ginjal? Inilah penyebab penyakit batu ginjal :

1. Kurang minum
Kurang minum air bisa berakibat buruk bagi ginjal. Kurangnya cairan dalam tubuh karena kurangnya konsumsi air putih dapat menyebabkan terjadinya pembentukan batu ginjal. Untuk masalah batu ginjal yang ringan bisa diatasi dengan sering-sering mengkonsumsi buah semangka.

2. Asam urat
Penyakit asam urat dapat berpotensi menimbulkan batu ginjal. Hal ini karena adanya peningkatan kadar asam urat pada urin sehingga dapat mempermudah pembentukan batu ginjal.

2. Terkena efek samping dari obat-obatan kimia
Mengkonsumsi obat-obatan kimia dalam jangka panjang dapat meningkatkan risiko timbulnya batu ginjal. Jenis obat-obatan kimia yang berisiko menimbulkan batu ginjal adalah diuretics, antacid dan protease inhibitor Crixivan (indinavir), obat yang dipakai untu perawatan infeksi HIV.

3. Adanya peradangan usus besar
Orang yang mengalami peradangan usus besar atau pernah menjalani operasi ostomy mempunyai kemungkinan untuk terkena batu ginjal.

4. Hypercalciuria
Hypercalciuria merupakan suatu kondisi di mana adanya kadar kalsium yang tinggi pada urin. Hal ini karena terlalu banyak kalsium yang diserap yang kemudian memasuki urin dan membentuk batu kalsium fosfat atau kalsium oksalat.

Itulah beberapa penyebab penyakit batu ginjal. Penyebab lainnya yang dapat menimbulkan terbentuknya batu ginjal adalah penyakit-penyakit ginjal seperti tubular acidosis. Selain itu, masih ada lagi penyebab lainnya dari penyakit batu ginjal.

Jika pinggang terasa nyeri, itu sudah merupakan salah satu tanda penyakit batu ginjal. Namun, tidak selalu nyeri pinggang merupakan penyebab batu ginjal.

0 Response to "Inilah Penyebab Penyakit Batu Ginjal"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel