Penyebab dan Pengobatan Penyakit AIDS


Penyebab dan pengobatan penyakit AIDS - AIDS (Acquired Immunodefeciency Syndrome) merupakan sekumpulan gejala dan sindrom yang muncul karena sistem kekebalan tubuh manusia mengalami kerusakan sebagai akibat dari infeksi virus HIV (Immunodeficiency Virus).

Virus HIV merupakan virus yang dapat melemahkan kekebalan tubuh manusia. Orang yang terinfeksi virus ini akan mudah terkena tumor ataupun rentan terhadap infeksi oportunistik. Meskipun pengobatan dapat memperlambat perkembangan virus, penyakit AIDS belum benar-benar dapat disembuhkan.

Penyebab penyakit AIDS

Virus HIV biasanya ditularkan melalui kontak langsung antara membran mukosa (lapisan kulit bagian dalam) atau aliran darah, dengan cairan tubuh yang terdapat virus HIV, seperti air mani, darah, ASI (Air Susu Ibu), cairan preseminal dan cairan vagina. HIV dapat menular melalui hubungan seksual, jarum suntik yang telah mengalami kontaminasi, transfusi darah, antara ibu dan bayi dalam masa kehamilan, bersalin atau
menyusui dan bentuk kontak yang lainnya dengan cairan-cairan tubuh tersebut.

Berikut ini penyebab AIDS

1. Penularan seksual
Penularan virus HIV secara seksual terjadi saat adanya kontak antara sekresi cairan preseminal atau cairan vagina seseorang dengan alat kelamin, rektum atau membran mukosa pada mulut pasangannya.
Penyakit menular seksual dapat meningkatkan risiko penularan HIV. Hal ini karena dapat mengakibatkan gangguan pada pertahanan jaringan epitel normal sebagai akibat dari danya borok pada alat kelamin dan karena terdapat penumpukan sel yang terkena infeksi HIV pada semen dan sekresi vaginal.
2. Pemakaian jarum suntik yang tidak steril
3. Transfusi darah dengan darah yang berasal dari orang yang terkena infeksi HIV.
4. Ibu yang terkena infeksi HIV berpotensi untuk melahirkan anak yang terkena infeksi HIV.

Pengobatan penyakit AIDS

Penanganan infeksi HIV berupa terapi antiretrovirus yang sangat aktif (HAART). Terapi tersebut telah berguna bagi orang-orang yang mengalami infeksi HIV sejak tahun 1996. Perawatan HAART dapat memungkinkan stabilnya gejala dan banyaknya jumlah virus yang terdapat dalam darah. Namun, perawatan ini tidak menyembuhkan atau menghilangkan gejala HIV. Seseorang butuh waktu lama untuk membersihkan infeksi virus HIV dengan memakai HAART. Walaupun begitu, banyak penderita HIV mengalami perbaikan pada kualitas hidup dan kesehatan umum mereka.

Itulah penyebab dan pengobatan penyakit AIDS.

ARTIKEL TERKAIT :

{ 0 komentar... read them below or add one }

Posting Komentar