Cara Mengobati Tekanan Darah Tinggi / Hipertensi


Cara mengobati tekanan darah tinggi / hipertensi - Hipertensi atau juga dikenal dengan sebutan darah tinggi merupakan suatu kondisi di mana terjadi peningkatan tekanan darah. Tekanan darah tinggi merupakan salah satu faktor risiko penyakit stroke, aneurisma arterial, gagal jantung dan serangan jantung. Hipertensi merupakan penyebab utama gagal jantung kronis. Hipertensi tidak biss dianggap remeh dan harus diatasi. Jika tidak, maka risiko terkena penyakit-penyakit berbahaya akan meningkat.

Gejala hipertensi atau tekanan darah tinggi


Hipertensi bisa tidak memunculkan gejala, meski beberapa gejala yang terjadi bersamaan dan dipercaya ada kaitannya dengan tekanan darah tinggi. Gejala-gejala yang dimaksud antara lain adalah hidung mengalami pendarahan, kepala pusing, sakit kepala, wajah kemerahan dan kelelagan. Gejala tersebut bisa terjadi baik pada penderita hipertensi maupun pada orang yang memiliki tekanan darah normal.

Berikut ini adalah cara mengobati tekanan darah tinggi (hipertensi).

1. Menyeimbangkan garam
Natrium yang berlebihan dalam tubuh dapat meningkatkan tekanan darah. Penderita hipertensi perlu mengurangi konsumsi garam. Sebaliknya, asupan magnesium dan kalium harus diperbanyak. Keseimbangan garam dapat menjaga tekanan darah pada tingkat yang sehat. Hal tersebut dapat dilakukan dengan cara memperbanyak konsumsi sayur-sayuran, buah-buahan dan biji-bijian. Buah-buahan seperti jeruk, pisang dan melon dan sayur-sayuran seperti kembang kol, kubis dan sayuran segar lainnya merupakan sumber magnesium.

2. Mengelola stres
Stres merupakan salah satu penyebab hipertensi. Mengurangi stres dapat menurunkan tekanan darah. Stres dapat dikurangi dengan cara relaksasi dan olahraga secara teratur.

3. Mengonsumsi seledri
Seledri dan minyak seledri dapat bermanfaat untuk membantu melebarkan otot-otot yang mengatur tekanan darah.

4. Mengonsumsi bawang putih
Bawang putih yang merupakan bumbu dapur juga dapat dimanfaatkan untuk mengobati hipertensi. Bawang putih dapat bermanfaat untuk menurunkan trigliserida dan kolesterol serta meningkatkan sirkuasi darah.

5. Mengonsumsi minyak ikan
Suplemen minyak ikan memiliki kandungan docohexaenoic acid (DHA) yang mampu menurunkan tekanan darah.

Itulah cara mengobati tekanan darah tinggi (hipertensi). Pada orang yang menderita hipertensi, penting untuk menghindari pantangan agar hipertensi tidak bertambah parah.

ARTIKEL TERKAIT :

{ 3 komentar... read them below or add one }

Rizal mengatakan...

tips buat ortu di rumah nih, thanks for share

Sehat dan Sejahtera@Vemma Business mengatakan...

informasinya sangat bagus
dan keseimbangan pola makan adalah hal utama untuk hidup sehat plus olah raga teratur dan suplemen alami jika diperlukan

Rumah Dijual Murah mengatakan...

good article. hmm bahanya jika terkena darah tinggi, resiko2nya besar ya.

Posting Komentar