Manfaat / Khasiat Bawang Putih Bagi Kesehatan

Manfaat / khasiat bawang putih - Bawang putih sering dimanfaatkan sebagai bumbu dapur. Bawang putih memang bisa menambah cita rasa pada makanan. Bukan hanya sebagai bumbu dapur saja, ternyata bawang putih juga dapat bermanfaat untuk mengobati penyakit-penyakit tertentu. Dengan kata lain, bawang putih merupakan salah satu obat herbal.

Lalu apa saja manfaat / khasiat bawang putih? Berikut ini adalah beberapa manfaat bawang putih bagi kesehatan :

1. Bawang putih untuk membunuh kuman dalam tubuh
Bawang putih mengandung senyawa kima aktif yang disebut allicin, senyawa yang dikenal dapat membunuh kuman. Dengan kata lain, senyawa ini dapat berperan sebagai anti bakteri.

2. Bawang putih untuk mengobati flu dan menghangatkan tubuh
Selain dapat membunuh kuman, bawang putih juga bisa mengobati flu dan menghangatkan tubuh. Caranya, tumis satu siung bawang putih dengan sedikit minyak. Setelah itu, masukkan satu siung bawang putih yang telah ditumis tersebut ke dalam mangkok yang berisi sayur sup atau makanan lainnya. Manfaat mengkonsumsi tumisan bawang putih tersebut adalah bisa membantu mengencerkan lendir yang terdapat pada saluran pernapasan dan mampu menghangatkan tubuh.

3. Bawang putih untuk mengobati rasa sakit pada telinga
Bawang putih memiliki kandungan antioksidan yang dapat bermanfaat untuk mengeluarkan kotoran dalam telinga dan mampu membunuh bakteri. Untuk mengatasi rasa sakit karena infeksi pada telinga, teteskan tiga tetes minyak bawang putih hasil ekstrak pada telinga yang sakit.

4. Bawang putih untuk membantu menyembuhkan patah tulang
Minyak bawang putih bisa membantu menyembuhkan patah tulang pada masa penyembuhan tulang karena kecelakaan. Caranya, pijat pelan-pelan dengan menggunakan minyak bawang putih pada bagian yang terdapat patah tulang.

5. Bawang putih untuk melancarkan pencernaan
Mengkonsumsi beberapa potong bawang putih sesudah makan bisa membantu meningkatkan kinerja sistem pencernaan. Ketika memakan potongan-potongan bawang putih bisa menggunakan air untuk membantu menelannya. Cara ini mampu mencegah sembelit.

Masih banyak lagi manfaat bawang putih bagi kesehatan, seperti meningkatkan kadar insulin dalam darah, menjaga kesehatan jantung,  meningkatkan sirkulasi darah, menghilangkan jerawat, mengobati sakit kepala, mengobati hipertensi dan masih banyak lagi manfaat lainnya.

0 Response to "Manfaat / Khasiat Bawang Putih Bagi Kesehatan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel