Khasiat Jahe Merah untuk Pengobatan Penyakit


Khasiat jahe merah untuk pengobatan penyakit - Jahe dapat dimanfaatkan sebagai bumbu dapur. Selain itu, jahe juga dapat dimanfaatkan sebagai obat herbal untuk mengobati penyakit-penyakit tertentu. Adapun jahe terdiri dari jahe merah dan jahe putih. Perbedaannya tentu saja terletak pada warna kedua jahe. Jahe merah memiliki lapisan luar berwarna merah sedangkan pada jahe putih berwarna putih.

Jahe merah banyak digunakan sebagai obat. Kandungan bahan yang terdapat pada jahe merah lebih tinggi daripada jahe putih sehingga banyak dimanfaatkan sebagai obat herbal. Jahe merah memiliki banyak kandungan minyak atsiri. Jahe merah dapat bermanfaat untuk mengatasi sakit pinggang, radang tenggorokan, nyeri ototo, mencegah masuk angin, menambah nafsu makan dan menghangatkan badan.

Berikut ini adalah khasiat jahe merah untuk pengobatan penyakit.

1. Pegal-pegal
Jahe merah dapat bermanfaat untuk mengatasi pegal-pegal. Caranya, sediakan dua rimpang jahe merah dengan ukuran sebesar ibu jari dan dua gelas susu. Cuci rimpang jahe merah menggunakan air bersih, setelah itu bakar lalu kuliti jahe tersebut. Setelah itu, memarkan jahe kemudian rebus dengan dicampur dengan susu segar. Minum air rebusan tersebut sebanyak 2 kali dalam sehari.

2. Mengatasi sakit kepala
Jahe merah dapat bermanfaat untuk mengatasi sakit kepala. Untuk mengatasi sakit kepala dengan menggunakan jahe merah, pertama-tama sediakan 3 rimpang jahe merah lalu cuci dengan menggunakan air bersih. Setelah itu, bakar jahe merah kemudian memarkan. Setelah itu, seduh jahe dengan ditambahkan gula aren atau madu secukupnya. Minum ramuan tersebut.

3. Sebagai obat batuk
Jahe merah dapat bermanfaat sebagi obat batuk. Caranya, siapkan 3 rimpang jahe merah dengan ukuran sebesar ibu jari kemudian cuci dengan menggunakan air bersih. Setelah itu, rebus ke dalam dua gelas air. Tunggu sampai mendidih dan air hanya tinggai satu gelas. Minum air rebusan jahe merah tersebut 2 kali dalam sehari.

Itulah khasiat jahe merah untuk pengobatan penyakit. Pada penderita maag, perlu hati-hati dalam mengonsumsi jahe. Hal ini karena kandungan gingerol yang tinggi dapat membuat lambung mengalami iritasi dan terasa panas sehingga dapat memperparah kondisi maag.

ARTIKEL TERKAIT :

{ 2 komentar... read them below or add one }

Pena Daun mengatakan...

Salah satu cara yang cocok untuk merasakan manfaat jahe merah itu, menurut saya dibuat wedang jahe. Apalagi kalau pas musim hujan.

Khasiat Jahe Merah 123 mengatakan...

Jahe merah juga bisa menyembuhkan rematik

Posting Komentar