Penyebab dan Cara Mengobati Penyakit Maag


Penyebab dan cara mengobati penyakit maag - Maag merupakan gangguan kesehatan yang terjadi pada lambung karena lambung mengalami peradangan. Adanya peradangan pada lambung dapat menimbulkan rasa sakit, perih dan mulas pada perut.

Penyebab penyakit maag

Maag dapat terjadi akibat pola makan yang tidak teratur, seperti terlambat makan dan meninggalkan waktu makan sehingga bisa menyebabkan lambung memproduksi asam yang berlebihan. Selain itu, maag juga bisa timbul akibat mengonsumsi makanan atau minuman tertentu.

Berikut ini makanan dan minuman yang bisa menimbulkan penyakit maag.

1. Makanan yang sulit dicerna yang bisa memperlambat pengosongan lambung. Hal ini bisa menyebabkan peningkatan peregangan pada lambung yang pada akhirnya bisa menyebabkan peningkatan asam lambung. Makanan yang seperti itu misalnya makanan yang mengandung lemak, keju, coklat dan kue tart.

2. Minuman yang dapat merangsang pengeluaran asam lambung, seperti kopi, sari buah sitrus, anggur putih, susu dan minuman yang mengandung alkohol.

3. Makanan yang merusak dinding lambung secara langsung, yaitu makanan pedas dan makanan yang memiliki kandungan cuka, merica dan bumbu lainnya yang merangsang.

4. Makanan dan minuman yang memiliki banyak kandungan gas dan serat yang terlalu banyak, seperti buah-buaha tertentu (pisang ambon, nangka), sayur-sayuran tertentu (kol, sawi), makanan yang mengandung serat tertentu (buah yang dikeringkan, kedondong) dan minuman yang memiliki kandungan gas (minuman bersoda).

5. Makanan yang dapat membuat klep kerongkongan bawah menjadi lemah sehingga dapat mengakibatkan cairan lambung naik ke kerongkongan, seperti gorengan, coklat dan makanan yang berlemak tinggi. Minuman yang mengandung alkohol juga bisa melemahkan klep kerongkongan bawah.

Cara mengobati penyakit maag

Penyakit maag bisa diobati dengan menggunakan bahan-bahan herbal tertentu. Berikut ini adalah bahan-bahan herbal yang dapat dimanfaatkan untuk mengobati penyakit maag.

1. Lidah buaya
Sediakan gel segar dari setengah helai daun lidah buaya. Minum gel tersebut untuk sekali minum, bisa dicampur dengan madu secukupnya. Minum gel segar tersebut dua kali dalam sehari. Ramuan ini tidak disarankan bagi ibu hamil.

2. Kencur
Sediakan satu jari rimpang kencur lalu cuci hingga bersih. Setelah itu kupas lalu kunyah bersama dengan garam secukupnya. Setelah halus, telan kunyahan kencur tersebut lalu minum air hangat. Lakukan 3 kali dalam sehari.

3. Kunyit
Sediakan seibu jari rimpang, cuci lalu parut. Beri sedikit air pada parutan lalu peras. Minum air perasan kunyit tersebut sebanyak 2 kali dalam sehari pada pagi hari sebelum makan dan malam hari menjelang tidur.

Itulah beberapa bahan herbal yang dapat dimanfaatkan sebagai cara mengobati penyakit maag.

ARTIKEL TERKAIT :

{ 0 komentar... read them below or add one }

Posting Komentar