Penyebab dan Pengobatan Penyakit TBC


Penyebab dan pengobatan penyakit TBC - Tuberkolosis (TBC) adalah penyakit saluran pernapasan yang disebabkan oleh infeksi bakteri. Bakteri penyebab TBC adalah Mycobacterium tuberculosis. Penyakit ini merupakan penyakit menular. Penyakit ini dapat menular melalui pernapasan dan percikan ludah yang dapat membentuk kolonisasi di bronkiolus dan alveolus. Bakteri penyebab TBC juga bisa memasuki tubuh melalui saluran pencernaan.

Penyebab dan pengobatan penyakit TBC
Kebiasaan merokok bisa menyeabkan penyakit TBC. Merokok bisa menyebabkan gangguan pada afektivitas sebagian mekanisme pertahanan respirasi. Pada saluran pernapasan dari bronkus menuju ke atas ada lapisan yang disebut lapisan mukosiliaris yang terdiri dari sel-sel yang memproduksi mukus dan sel-sel silia yang memberikan perlindungan pada mukus. Benda asing yang masuk nantinya ditangkap oleh sel penghasil mukus, lalu oleh sel silia mukus dan partikel yang terjebak di dalamnya didorong menuju ke atas cabang pernapasan di mana mukus bisa keluar sebagai sputum. Asap rokok bisa merangsang produksi mukus dan bisa menyebabkan kerusakan pada silia yang mengakibatkan pergerakannya menurun. Hal ini bisa menyebabkan adanya akumulasi mulus yang kental dan terjebaknya mikroorganisme atau partikel pada saluran pernapasan, yang dapat menyebakan penurunan pergerakan udara dan meningkatkan risiko tumbuhnya mikroorganisme. Bila mikroorganisme yang terjebak dan tumbuh pada saluran pernapasan adalah bakteri penyebab TBC, maka perokok tersebut dapat berisiko terkena penyakit TBC.

Pada awal infeksi, penderita TBC bisa tidak tampak gejala, dan mungkin tidak akan nampak jika infeksi aktif tidak terjadi. Pada infeksi aktif, gejala-gejalanya dapat berupa demam, keringat malam, malaise, batuk purulen produktif yang disertai dengan rasa nyeri pada infeksi akut, nafsu makan hilang dan berat badan menurun.

Pengobatan penyakit TBC

Seseorang yang menderita penyakit tuberkulosis akitf bisa memerlukan waktu lama. Hal ini dikarenakan basil resisten terhadap sebagian besar obat antibiotik dan gampang bermutasi. Penderita infeksi aktif bisa menjalani terapi dengan memakai empat kombinasi obat dan memakan waktu setidaknya sembilan bulan atau bahkan bisa lebih lama. Itulah penyebab dan pengobatan penyakit TBC.

ARTIKEL TERKAIT :

{ 0 komentar... read them below or add one }

Posting Komentar