Hal yang Dapat Menyebabkan Kanker yang Perlu Diwaspadai

Hal yang Dapat Menyebabkan Kanker yang Perlu Diwaspadai

Kanker merupakan penyakit yang dapat menyebabkan kematian kedua di dunia. Kanker terjadi karena mutasi sel normal secara berulang.

Menyebabkan terbentuknya sel abnormal ganas yang berkembang tak terkendali sehingga mengganggu aktivitas sel normal. Berikut ini adalah hal yang dapat menyebabkan kanker yang perlu diwaspadai.

Hal yang Dapat Menyebabkan Kanker yang Perlu Diwaspadai


1. Riwayat Keluarga

Riwayat keluarga adalah hal yang dapat menyebabkan kanker, karena keluarga membawa gen bermasalah yang bisa diturunkan dari satu generasi ke generasi berikutnya.

Jika ada keluarga dengan riwayat kanker, maka keturunannya lebih berisiko terkena kanker jenis tertentu.

2. Merokok

Merokok juga dapat menyebabkan dan juga penyakit mematikan lainya seperti kanker paru-paru, kanker usus besar, kanker perut, kanker hati dan kanker payudara.

Kanker paru-paru adalah yang paling banyak menyebabkan kematian dikarenakan kebiasaan merokok. Penyebab kanker secara umum yang menyerang paru paru dan sejumlah kanker lainnya adalah paparan bahan kimia yang terkandung dalam rokok tembakau.

3. Konsumsi Alkohol Berlebihan

Selanjutnya adalah mengkonsumsi alkohol berlebihan, karena bila anda meminum alkohol sering maka bisa menyebabkan kanker hati

4. Paparan Sinar Matahari Terlalu Sering

Radiasi ultraviolet dari sinar matahari merupakan penyebab melanoma dan jenis jenis kanker kulit lainnya seperti Karsinoma Sel Basal dan Karsinoma Sel Skuamosa.

5. Virus dan Bakteri

Virus dan bakteri juga dapat menyebabkan kanker, beberapa virus bisa memicu penyakit kanker jika tidak diobati dengan tepat.

Misalnya saja HPV (human papilloma virus), virus yang dapat ditularkan melalui hubungan seksual ini bisa menyebabkan kanker serviks.

6. Kegemukan atau Obesitas

Kegemukan dan obesitas merupakan penyebab beberapa jenis kanker, karena semakin gemuk atau obesitas seseorang maka semakin besar risiko terkena kanker.

Obesitas biasanya ditemui jenis jenis di antaranya kanker payudara (biasa terjadi setelah wanita menopause), kanker usus, kanker pankreas, kanker ginjal dan kanker hati.

Namun kanker yang disebabkan karena kegemukan dan obesitas paling bisa dicegah dengan mengubah pola makan lebih sehat dan rajin olahraga.

Demikian hal yang dapat menyebabkan kanker yang perlu diwaspadai. Semoga dapat menambah wawasan kita semua, serta dapat membantu anda dalam mencegah kanker.  (Halaman utama)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel