Cara Menjaga Kesehatan Gigi dan Mulut Dengan Mudah


Cara Menjaga Kesehatan Gigi dan Mulut Dengan Mudah


Menjaga kesehatan gini dan mulut agar terhindar dari sariawan, gusi bengkak, bau mulut dan juga gigi berlubang. Bahkan kesehatan gigi dan mulut yang buruk dapat menimbulkan berbagai komplikasi penyakit membahayakan.

Berikut ini adalah cara menjaga kesehatan gigi dan mulut dengan mudah.

Cara Menjaga Kesehatan Gigi dan Mulut Dengan Mudah


1. Jangan sikat gigi terlalu keras

Menyikat gigi tentunya bertujuan untuk menghilangkan plak pada gigi, namun jika anda menyikat gigi terlalu keras maka gesekanya dapat merobek gusi dan mengikis enamel gigi yang telatif tipis, itulah yang membuat gigi menjadi sensitif.

Menyikat gigi harusnya dilakukan dengan lebut yaitu dengan gerakan memutas dan juga memujat gigi, dan dilakukan dengan waktu sekitar dua menit.

2. Sikat gigi sebelum tidur

Selanjutnya adalah menyikat gigi sebelum tidur, karena dapat menghilangkan kuman dan juga plak pada gigi yang menumpuk lama sepanjang hari.

Selain menyikat gigi anda juga dianjurkan untuk menyikat lidah yang bertujuan untuk menghilangkan kuman dan plak yang menempel pada gigi.

3. Gunakan pasta gigi berfluorida

Fluorida adalah unsur alami yang terdapat pada air minum dan makanan yang dikonsumsi. Fluorida diserap tubuh untuk digunakan oleh sel sel yang membangun gigi untuk menguatkan enamel gigi.

Selain itu fluorida juga merupakan pertahanan utama pada kerusakan gigi yang bekerja dengan memerangi kuman yang dapat menyebabkan kerusakan, serta menyediakan perlindungan alami pada gigi.

4. Jangan merokok

Selanjutnya adalah jangan merokok karena tembakau dapat menyebabkan gigi berubah kekuningan dan juga bibir menjadi menghitam.

Selain itu merokok juga dapat menimbulkan risiko terhadap penyakit gusi dan kanker mulut. Maka berhentilah merokok mulai sekarang juga.

5. Minum lebih banyak air

Selanjutnya adalah meminum banyak air, karena air merupakan minuman yang sangat baik bagi kesehatan anda secara keseluruhan, termasuk pada mulut dan gigi.

Karena pada saat mengkonsumsi air secara tidak langsung dapat membantu membersihkan beberapa efek negatif dari makanan dan minuman yang menempel pada gigi.

6. Batasi konsumsi makanan yang manis dan asam

Selanjutnya adalah batasi mengkonsumsi makanan yang manis dan juga asam, karena makanan yang manis dan juga asam akan dirubah menjadi asam oleh bakteri pada mulut yang setelah itu dapat mengotori enamel pada gigi anda.

Dan asamlah yang dapat menyebabkan gigi anda cepat berlubang, anda tidak perlu berhenti untuk mengkonsumsi gula anda hanya perlu membatasi  saat mengkonsumsinya.

7. Makan makanan yang bergizi

Makan makanan yang bergizi sangat baik bagi kesehatan anda dan juga gigi dan mulut. Bahkan, sebuah studi menemukan bahwa omega 3 lemak , jenis lemak sehat dalam makanan laut, dapat mengurangi risiko peradangan, sehingga dapat menurunkan risiko penyakit gusi.

Demikian cara menjaga kesehatan gigi dan mulut dengan mudah. Semoga dapat menambah wawasan kita semua, serta dapat membantu anda dalam menjaga kesehatan gigi dan mulut. (https://tips-sehat-bahagia.blogspot.com)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel