Tips Sederhana Menghilangkan Insomnia


Bagaimana cara menghilangkan insomnia ?. Insomnia merupakan gejala kelainan tidur berupa sulit tidur atau mempertahankan waktu tidur. Biasanya, gejala tersebut juga disertai gangguan fungsional ketika bangun tidur.

Penyebab insomnia sering dikaitkan dengan suatu penyakit atau masalah psikologis. Salah satu terapi psikologis yang mampu mengatasi insomnia yaitu terapi kognitif. Pada terapi tersebut, pasien akan diberitahu agar memperbaiki kebiasaan tidur dan menghilangkan suatu asumsi yang bersifat kontra-produktif mengenai tidur.

Penderita insomnia bisa saja menggunakan obat tidur atau zat penenang lainnya agar bisa tidur. Namun, obat sedati dapat menimbulkan ketergantungan psikologis berupa anggapan bahwa agar bisa tidur, diperlukan obat tersebut.

Insomnia bukanlah merupakan penyakit, namun hanyalah suatu gejala yang disebabkan oleh berbagai hal, seperti pemakaian obat-obatan, kelainan fisik dan kelainan emosional. Insomnia dapat terjadi baik pada usia lanjut mau pun usia muda. Insomnia seringkali timbul bersamaan dengan gangguan emosional, seperti depresi, kegelisahan, ketakutan, atau kecemasan. Seseorang juga bisa sulit tidur karena otak atau badannya tidak lelah.

Ada orang yang secara normal dapat tidur, namun beberapa jam kemudian terbangun dan sulit untuk bisa tidur kembali. Orang yang terganggu pola tidurnya bisa mengalami irama tidur yang terbalik, yaitu bangun bukan pada waktunya tidur dan tidur bukan pada saatnya tidur.

Cara menghilangkan insomnia bergantung pada penyebab dan seberapa berat insomnia.

Untuk menghilangkan insomnia, cara yang harus dilakukan adalah berusaha untuk tenang dan rileks beberapa jam menjelang tidur dan berusaha agar suasana kamar tidur nyaman, tidak berisik dan redup cahaya.

Bila penyebab insomnia adalah karena stres, penderita insomnia dapat menggunakan obat untuk mengurangi stres. Bila penyebab insomnia adalah karena depresi, maka penderita bisa menggunakan obat anti-depresi.

Bila insomnia berhubungan dengan aktivitas normal yang dilakukan oleh penderita dan penderita merasa sehat, penderita bisa menggunakan obat tidur sementara waktu.

Itulah cara menghilangkan insomnia. Jadi, insomnia harus diketahui penyebabnya dulu sebelum diatasi dan meminta bantuan medis atau ahli psikologis merupakan cara yang baik untuk menghilangkan insomnia.

ARTIKEL TERKAIT :

{ 1 komentar... read them below or add one }

saracensa mengatakan...

good article,
very useful ..
I introduce a Medical student in Islamic University of Indonesia Yogyakarta

Posting Komentar