Gimana nih Cara Menghilangkan Rasa Takut ?

Cara menghilangkan rasa takut - Rasa takut adalah reaksi emosional terhadap suatu bahaya. Bahaya tersebut termasuk bahaya ringan, seperti takut ditertawakan saat melakukan suatu hal atau bisa juga termasuk bahaya berat, seperti takut dipukuli orang, dan sebagainya. Rasa takut tersebut dapat ditandai dengan meningkatnya suhu tubuh, meningkatnya detak jantung, berkeringat dan wajah pucat.

Rasa takut merupakan perasaan yang dimiliki oleh orang dan tentu saja sedikit banyak membuat orang stress dan tertekan. Rasa takut tersebut bisa timbul terhadap sesuatu yang akan terjadi, padahal apa yang ditakuti belum tentu terjadi. Misalnya, seseorang mau membuka usaha, tapi takut gagal. Padahal belum tentu kegagalan tersebut akan menimpa, bahkan yang dialami bisa jadi justru kesuksesan.

Lalu bagaimana cara menghilangkan rasa takut ?

1. Berikan alasan mengapa takut
Rasa takut dapat bersumber dari diri kita. Entah berupa ketakutan karena ragu dengan kemampuan kita atau belum tahu akan suatu hal. Atau penyebab lainnya yang mungkin tidak dapat teridentifikasi. Untuk menghilangkan rasa takut, tanyakan kepada diri kita sendiri mengenai penyebab rasa takut yang muncul. Misalnya, seseorang takut  cacing karena menjijikkan.

2. Persiapkan diri
Hal penting sebelum melakukan sesuatu adalah persiapan. Sepandai atau sehebat apa pun orang, untuk melakukan suatu hal butuh persiapan. Misalnya, sepandai apa pun siswa, persiapan juga dibutuhkan sebelum menjalani ujian. Mental yang tidak siap dapat menurunkan kemampuan pikiran pada saat melakukan suatu hal. Rasa takut juga seringkali bisa membuat orang tidak kepikiran pada saat melakukan suatu hal, kemudian baru kepikiran setelah hal tersebut selesai dilakukan. Jadi, persiapan merupakan hal yang penting untuk menghilangkan rasa takut pada saat melakukan suatu hal.

3. Kendalikan diri
Saat rasa takut datang, cobalah untuk mengendalikan diri. Coba sebisa mungkin untuk berpikir positif. Rasa takut bisa timbul karena ada pikiran negatif yang secara terus-menerus. Prasangka "jangan-jangan...", "kalau saya...nanti..." dan sejenisnya sebisa mungkin dihilangkan. Misanya, seorang siswa takut menghadapi ujian dan dalam pikiran timbul, "jangan-jangan tidak lulus". Hal itu malah bisa menjadi gangguan saat mengerjakan ujian. Ungkapan tersebut bisa diganti dengan ungkapan yang memotivasi, seperti "kalau saya lulus, pasti orang tua bahagia", lalu bayangkan keadaan seolah-olah sudah lulus ujian.

Itulah cara menghilangkan rasa takut. Jika rasa takut dapat dihilangkan niscaya hidup akan lebih tenang.

2 Responses to "Gimana nih Cara Menghilangkan Rasa Takut ?"

  1. menghilangkan rasa takut itu tidak mudah dan ini ada beberapa hal yang dapat kamu lakukan untuk menghilangkan rasa takut..

    1.jangan batasi diri anda
    2.hentikan aliran energi negatif
    3.jika ketakutan itu berbahya,lalu cari cara untuk hancurkan
    4.melawan ketakutan dan
    5.mengendalikan mental

    BalasHapus
  2. jika anda ingin menghilangkan rasa takut, ini ada beberapa hal yang dapat anda lakukan..

    1.lawanlah rasa takut anda
    2.hentikan aliran energi negatif anda
    3.ubah rasa takut
    4.kendalikan mental anda
    terima kasih

    BalasHapus

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel