Penyebab dan Gejala Penyakit Hepatitits A

Penyebab penyakit Hepatitis A - Hepatitis A merupakan penyakit yang disebabkan oleh virus yang disebarkan melalui kotoran/feses penderita, umumnya melalui makanan, bukan melalui darah atau aktivitas seksual. Jenis Hepatitis ini merupakan jenis Hepatitis paling ringan bila dibandingkan dengan hepatitis yang lainnya (Hepatitis B dan Hepatitis C). Sementara itu, Hepatitis B dan Hepatitis C disebarkan melalui aktivitas seksual dan darah. Kedua jenis Hepatitis tersebut lebih berbahaya bila dibandingkan dengan Hepatitis A.

Penularan Hepatitis Virus tipe A (HVA) melalui fecal oral, yaitu adanya virus pada feses. Selain itu, virus ini juga dapat menular melalui makanan dan minuman yang sudah mengalami kontaminasi. Virus ini terkadang juga bisa menular melalui hubungan seksual dengan penderita.

Umumnya hepatitis A tidak menimbulkan gejala sampai penderita memiliki virus dalam waktu beberapa minggu. Penyebab penyakit Hepatitis A adalah pola hidup yang tidak bersih. Dalam berbagai kasus, infeksi hepatitis A tidak berkembang hingga separah Hepatitis B atau C sehingga tidak menimbulkan kanker hati. Walau begitu, Hepatitis A tetap perlu diobati.

Ketika penderita terkena penyakit Hepatitis A dua hingga enam minggu, penderita dapat mengalami gejala-gejala seperti, lesu, lemah, letih, demam dan pada beberapa kasus seringkali penderita muntah-muntah secara terus menerus sehingga bisa menyebabkan tubuh penderita lemas. Demam yang terjadi merupakan demam yang secara terus menerus, tidak seperti demam lainnya yang teradi pada thypus, tuberkulosis, demam berdarah dan sebagainya.

Pencegahan Hepatitis A

Cara mencegah virus Hepatitis A bisa dengan menerapakan pola hidup bersih, seperti mencuci tangan memakai sabun sebelum makan dan setelah dari toilet. Tidak ada pengobatan Hepatitis A yang spesifik. Hal ini karena infeksi Hepatitis A bisa sembuh dalam wakti 1 hingga 2 bulan. Namun, untuk mengurangi dampak kerusakan yang dapat terjadi pada hati, ada langkah penanganan yang diberikan ketika dirawat di rumah sakit, seperti istirahat, anti mual dan istirahat hati.

Pencegahan Hepatitis A berupa vaksinasi yang tersedia juga untuk orang yang berisiko tinggi terkena penyakit Hepatitis A.

Jadi, penyebab penyakit Hepatitis A adalah pola hidup yang tidak bersih.

0 Response to "Penyebab dan Gejala Penyakit Hepatitits A"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel