Khasiat Kulit Manggis untuk Kesehatan

Khasiat kulit manggis untuk kesehatan - Buah manggis merupakan buah yang rasanya manis dengan kulitnya yang tebal. Ternyata, kulit buah manggis yang tebal tersebut sangat bermanfaat bagi kesehatan meski rasanya pahit.

Kulit buah manggis memiliki kandungan berupa 2 senyawa alkaloid, yang merupakan sejumlah zat berwarna kuning yang berasal dari 2 metabolit, antara lain B-mangostin dan mangostin. B-mangostin adalah komponen kosntituen minor sedangkan mangostin merupakan komponen utama pada kulit buah manggis.


Berikut ini adalah khasiat kulit manggis untuk kesehatan :

1. Menghambat pertumbuhan sel kanker
Kulit buah manggis mengandung senyawa yang disebut xamthone. Senyawa ini merupakan senyawa yang bersifat antioksidan dan antikanker. Sari kulit buah manggis memiliki sifat antipoliproliferasi sehingga mampu menghambat tumbuhnya sel kanker.

2. Sebagai anti bakteri
Kulit manggis memiliki daya antimikroba terhadap beberapa jenis bakteri. Jadi, kulit buah manggis dapat berperan sebagai antibakteri, dengan kata lain menghambat pertumbuhan bakteri.

3. Sebagai penangkal radikal bebas
Kulit buah manggis dapat bermanfaat untuk menangkal radikal bebas.

4. Sebagai anti jamur
Selain sebagai antibakteri, kulit manggis juga dapat berperan sebagi antijamur. Hal ini berkaitan dengan kandungan senyawa xamthone yang terdapat pada kulit buah manggis. Jadi, kulit manggis dapat berperan sebagai antijamur.

5. Mempercepat penyembuhan luka  dan bekas gigitan serangga
Kulit manggis dapat bermanfaat untuk mempercepat penyembuhan luka dan bekas gigitan serangga. Caranya, sediakan kulit buah manggis yang sudah dikeringkan lalu tumbuk sampai halus. Setelah itu, tambahkan sedikit minyak lalu oleskan pada bagian kulit yang terdapat luka atau gigitan serangga.

6. Mengobati diare
Diare dapat diobati dengan menggunakan kulit manggis. Caranya, sediakan kulit dari dua buah manggis yang telah masak dan cuci dengan menggunakan air bersih. Setelah itu, potong-potong kulit manggis tersebut kemudian rebus ke dalam 3 gelas air hingga air tersisa setengahnya. Setelah dingin, saring lalu minum. Bila perlu tambahkan madu. Minum sebanyak 2 kali dalam sehari masing-masing tiga per empat gelas.

Itulah beberapa khasiat kulit manggis untuk kesehatan. Sebenarnya masih banyak manfaat kulit manggis. Untuk mendapatkan ekstrak kulit manggis kini tidaklah sulit. Hal ini karena sudah banyak penjual ekstrak kulit manggis dalam bentuk sirup dan mereka menjualnya secara online.

2 Responses to "Khasiat Kulit Manggis untuk Kesehatan"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel