Cara Mengenali dan Mengobati Penyakit Diabetes


Cara mengenali dan mengobati penyakit diabetes - Penyakit diabetes melitus atau juga dikenal dengan nama kencing manis merupakan penyakit yang terjadi sebagai akibat dari tubuh kekurangan hormon insulin, baik secara relatif maupun absolut.

Relatif berarti jumlah hormon insulin yang dihasilkan cukup, namun tidak dapat bekerja secara optimal sedangkan absolut berarti jumlah hormon insulin yang dihasilkan memang berkurang.

Insulin merupakan hormon yang berfungsi dalam pengolahan glukosa sebagai bahan pembentukan kalori kemudian menyimpannya dalam bentuk glikogen. Bila tubuh kekurangan insulin, maka kemampuan tubuh untuk mengolah glukosa menurun. Akibatnya, penderita dapat merasakan lemas. Bila terjadi penumpukan glukosa, maka timbul apa yang dinamakan hiperglikemia (kadar gula tinggi). Hiperglikemia dapat menimbulkan komplikasi atau penyakit lainnya.

Orang yang menderita kencing manis dapat menimbulkan gejala. Cara mengenali diabetes bisa dengan cara mengenali gejala-gejala diabetes. Berikut ini adalah gejala-gejala awal kencing manis :

1. Sering buang air kecil
2. Sering cepat haus
3. Sering cepat lapar dan terus makan
4. Sering merasakan kesemutan secara mendadak
5. Pandangan kabur/buram
6. Kemampuan seksual menurun yang berupa disfungsi ereksi dan ejakulasi dini
7. Timbul rasa gatal pada daerah kemaluan

Adapun faktor penyebab diabetes antara lain:

- hipertensi

- hepatitis

- obesitas

- faktor genetika

- pola hidup yang tidak sehat, seperti kebiasaan merokok, konsumsi alkohol, konsumsi junk food dan sebagainya

Cara mengobati diabetes

Salah satu cara pengobatan diabetes adalah dengan memberikan suntikan insulin secara rutin pada penderita diabetes untuk mengontrol kadar gula dalam darah. Pengobatan dengan cara ini tentu saja memerlukan biaya yang tidak sedikit. Ada bahan-bahan alami yang dapat digunakan sebagai obat diabetes, seperti berikut ini.

1. Pare
Pare memiliki kandungan steroid saponin  yang familiar dengan peptide dan charantin yang memiliki kandungan senyawa mirip dengan insulin. Senyawa ini dapat meningkatkan regenerasi sel, mempunyai kontribusi besar dalam penyimpanan glikogen dan merangsang sekresi hormon insulin pada pankreas. Jika pankreas berfungsi dengan baik, maka kadar gula darah bisa menjadi nornal.

2. Brotowali
Brotowali memiliki kandungan tinokrisposid aktif yang berguna untuk meningkatkan proses metabolisme tubuh. Bagian tanaman brotowali yang paling mengandung khasiat untuk menurunkan kadar gula dalam darah adalah bagian batang dan akarnya.

Itulah cara mengenali dan mengobati penyakit diabetes.

ARTIKEL TERKAIT :

{ 2 komentar... read them below or add one }

baju senam murah mengatakan...

wah ngeri banget, jangan sampe deh aku kena diabet, soalnya mama aku udah kena. mungkin gejala awalnya kayak gitu juga gan

TigaMulia mengatakan...

Terimakasih atas informasinya.. :)


http://www.jualberasorganik.net

Posting Komentar