Tahap Perkembangan Bayi 1 - 12 Bulan


Tahap perkembangan bayi - Bayi telah melewati proses-proses perkembangan janin di dalam kandungan. Setelah bayi lahir, perkembangan masih tetap berlanjut. Bayi mengalami perkembangan yang pesat, baik fisik maupun otaknya pada tahun pertama.


Bagaimana perkembangan bayi? Berikut ini tahap perkembangan bayi :

Perkembangan bayi usia 1 bulan
Pada bayi yang berusia 1 bulan, bayi sudah bisa melihat secara jelas dengan jarak 8 sampai 12 inchi, sudah bisa tersenyum tetapi gerakannya masih bersifat refleks, seperti mencari puting susu, menggenggam dan bila disentuh pipinya, maka kepala akan bergerak ke arah sentuhan. Dalam usia ini, bayi lebih banyak tidur daripada bangun.

Perkembangan bayi usia 2 bulan
Ketika bayi memasuki usia 2 bulan, bayi sudah mampu membedakan suara dan wajah orang terdekatnya dan dapat memegang sesuatu dalam waktu beberapa detik.

Perkembangan bayi usia 3 bulan
Saat bayi memasuki usia 3 bulan, bayi sudah mampu memegang benda dan mengayunkan benda tersebut. Bayi juga dapat mengikuti arah dan gerakan benda-benda. Ketika bayi memasuki usia ini, bayi sudah mulai dapat memiringkan tubuhnya.

Perkembangan bayi usia 4 bulan
Pada usia ini, bayi sudah mampu tengkurap, asyik bermain dengan menggunakan jemarinya dan sesekali jemarinya tersebut dimasukkan ke dalam mulutnya. Pada usia ini, bayi juga sudah mulai bisa mengoceh.

Perkembangan bayi usia 5 bulan
Bayi sudah mampu mengenali anggota keluarganya dan orang terdekat. Bayi sudah mulai senang bermain mengan menggunakan mainan dan senang memasukkan jari kaki ke dalam mulutnya.

Perkembangan bayi usia 6 bulan
Bayi mulai bisa telentang, tengkurap dan telentang kembali (berguling-guling). Bayi mampu menggerakan badannya untuk mendapatkan mainan dan bisa marah kalau tidak mampu mendapatkannya atau marah jika mainannya diambil. Emosi seperti marah, takut dan senang mulai muncul.

Perkembangan bayi usia 7 bulan
Bayi sudah bisa mengangkat tubuhnya dengan menggunakan tangan dan kakinya dan bahkan ada yang mampu bergerak maju ataupun mundur, tetapi belum bisa merangkak. Bayi mulai bisa mengenali namanya sendiri dan ada juga yang giginya sudah mulai tumbuh.

Perkembangan bayi usia 8 bulan
Bayi sudah mampu merangkan dan duduk sendiri. Bayi juga bisa mengambil benda-benda kecil dengan menggunakan ibu jari dan jari-jemarinya.

Perkembangan bayi usia 9 bulan
Pada usia ini, bayi sudah mulai belajar berdiri dengan cara berpegangan pada benda lain. Bayi telah mulai memahami kata-kata dan senang dengan permainan bayi, seperti tepuk tangan dan cilukba.

Perkembangan bayi usia 10 bulan
Bayi sudah mulai mampu berjalan dengan menggunakan banyuan. Bisa duduk dari posisi berdiri dengan sendirinya. Pada usia ini bayi juga sudah mulai memahami perintah-perintah sederhana, mampu mengucapkan kata-kata dan senang menari.

Perkembangan bayi usia 11 bulan
Pada usia ini, bayi sudah mulai mampu berdiri tanpa berpegangan, sudah mulai bersosialisasi seperti punya rasa takut dengan orang asing dan merasa senang kalau bermain dengan teman-temannya. Ketika memasuki usia ini, bayi juga mengalami perkembangan pada motorik halusnya. Bayi mampu mengambil benda kecil dengan memakai ibu jari dan jari telunjuknya.

Perkembangan bayi usia 12 bulan
Pada usia ini, bayi sudah mulai bisa berjalan dan mampu mengucapkan kata-kata sederhana. Bayi juga sudah dapat melakukan perintah sederhana.

Itulah tahap perkembangan bayi dari bulan ke bulan selama 1 tahun.

ARTIKEL TERKAIT :

{ 0 komentar... read them below or add one }

Poskan Komentar