Cara Menghilangkan Sariawan di Mulut

Cara menghilangkan sariawan - Sariawan merupakan penyakit kelainan yang terdapat pada selaput lendir mulut yang berupa luka yang berbentuk bercak dengan warna putih kekuningan pada bagian mulut. Sariawan bisa menimbulkan rasa sakit saat penderita makan. Rasa sakit dapat berupa perih saat ada makanan yang menyentuh bagian mulut yang terkena sariawan.

Ada beberapa hal yang dapat menyebabkan seseorang terkena sariawan, antara lain kekurangan vitamin C, luka karena tergigit, alergi, mengonsumsi makanan atau minuman panas, kebersihan mulut tidak terjaga, kelainan pencernaan, kekurangan zat besi, kondisi tubuh yang tidak fit dan faktor psikologi.

Sariawan bukan hanya disebabkan oleh kekurangan vitamin C, tetapi juga dapat disebabkan oleh alergi citrus atau alergi makanan yang mengandung asam, obat-obatan tertentu, kondisi imun yang lemah dan masih ada lagi penyebab lainnya.

Sariawan dapat menyerang bibir, lidah atau gusi. Rasa sakit yang timbul karena sariawan bisa muncul saat penderita mengonsumsi makanan tertentu. Meski sariawan berukuran kecil, keberadaannya sangat mengganggu. Makanan seenak apa pun kalau dimakan pada saat sariawan tetap saja menyakitkan.

Cara menghilangkan sariawan bisa dengan cara memakan buah-buahan yang banyak mengandung vitamin C jika sariawan yang timbul adalah sariawan akibat kekurangan vitamin C. Berikut ini adalah cara yang bisa dilakukan untuk menghilangkan sariawan.

1. Mengunyah daun kemangi
Daun kemangi dapat berguna untuk mengatasi rasa nyeri pada sariawan dan dapat menyembuhkan sariawan. Untuk menggunakannya, sediakan daun kemangi secukupnya lalu kunyah daun kemangi tersebut.

2. Menggunakan tomat
Tomat merupakan buah yag mengandung vitamin C sehingga baik untuk sariawan. Makan tomat secara langsung atau juga bisa dengan meminum jus tomat.

3. Menggunakan kunyit dan gliserin
Cara lainnya yang bisa dilakukan untuk menghilangkan sariawan adalah dengan mengoleskan campuran antara kunyit dengan gliserin. Untuk membuat campuran ini, sediakan kunyit dan giserin secukupnya. Setelah itu, tumbuk kunyit hingga halus kemudian tambahkan dengan satu sendok teh gliserin. Oleskan campuran tersebut pada bagian mulut yang terkena sariawan.

Itulah cara menghilangkan sariawan yang bisa dilakukan dengan menggunakan bahan-bahan alami.

0 Response to "Cara Menghilangkan Sariawan di Mulut"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel