Cara Menghilangkan Rasa Kantuk Tanpa Minum Kopi


Rasa kantuk dapat terjadi karena kurang tidur. Salah satu cara menghilangkan rasa kantuk adalah dengan minum kopi. Namun, minuman semacam itu bisa menyebabkan ketergantungan. Minuman kopi yang mengandung kafein memang bisa mencegah rasa kantuk. Namun, terdapat efek samping berupa mengganggu siklus tidur, menurunkan kualitas tidur dan memangkas waktu tidur.

Menghilangkan rasa kantuk bukan hanya dengan cara minum kopi. Masih banyak cara lainnya yang bisa dilakukan untuk menghilangkan rasa kantuk. Berikut cara menghilangkan rasa kantuk :

1. Mengobrol
Bila rasa kantuk datang pada saat bekerja, menghilangkan rasa kantuk bisa dengan cara mengobrol dengan teman kerja. Topik obrolan bisa dengan topik yang sedang hangat atau topik ringan.

2. Buat ruang kerja lebih terang
Lingkungan dengan cahaya yang kurang terang dapat memicu kelelahan. Berdasarkan penelitian, cahaya yang terang dapat mengurangi rasa kantuk dan meningkatkan kewaspadaan.

3. Cukupi kebutuhan cairan
Kekurangan cairan dalam tubuh dapat memicu rasa lelah dan rasa lelah dapat menimbulkan rasa kantuk. Oleh karena itu, mencukupi kebutuhan cairan dalam tubuh merupakan hal yang penting untuk membantu mengurangi rasa kantuk. Untuk mencukupi kebutuhan cairan tubuh bisa dengan cara meminum air secara langsung atau dengan cara memakan buah-buahan yang mengandung kadar air tinggi, misalnya buah pear dan semangka.

4. Tidur sejenak
Tidur sejenak dapat membantu menghilangkan rasa kantuk. Bila rasa kantuk datang tapi sulit tidur atau takut tidurnya terlalu lama, cobalah untuk menutup mata daam waktu 10 menit atau lebih.

5. Melakukan kegiatan lain
Melakukan kegiatan yang lain agar tidak jenuh dapat menghilangkan rasa kantuk. Lakukan kegiatan untuk menghilangkan kejenuhan pikiran.

6. Menepi di pinggir jalan
Mengemudi dalam keadaan mengantuk dapat membahayakan pengemudi itu sendiri dan orang yang ada di sekitarnya. Oleh karena itu, mengambil waktu istirahat merupakan hal yang penting untuk menghilangkan rasa kantuk. Bagi yang bepergian jauh, mengganti pengemudi bisa dilakukan bila memungkinkan. Bila tidak, bisa dengan berhenti setidaknya setiap 2 jam untuk berjalan-jalan mencari udara segar.

7. Menarik napas dalam-dalam
Cara berikutnya yang dapat dilakukan untuk mengusir rasa kantuk adalah dengan menarik napas dalam-dalam. Tarikan napas yang dalam mampu  meningkatkan kadar oksigen dalam darah. Hal ini bisamemperlambat denyut jantung, meningkatkan sirkulasi darah dan menurunkan tekanan darah yang nantinya dapat membantu kinerja mental dan energi.

Itulah cara menghilangkan rasa kantuk. Rasa kantuk bisa timbul karena kurang waktu tidur. Agar rasa kantuk dapat dihindari, tidur dengan waktu yang cukup. Selain itu, cukupi juga kebutuhan energi, karena kurang energi bisa menimbulkan badan lemas dan badan lemas dapat menyebabkan rasa kantuk.

ARTIKEL TERKAIT :

{ 0 komentar... read them below or add one }

Posting Komentar