Cara Alami Menghilangkan Karang Gigi

Cara menghilangkan karang gigi - Karang gigi atau disebut juga kalkulus terbentuk dari zat kapur dan plak yang terdapat pada air liur. Plak terdiri atas lapisan bening pada gigi dan kuman. Ratusan kuman yang bisa menyebabkan karies ada di dalam mulut. Bila ada sisa-sisa  makanan yang terselip pada sela-sela gigi atau tertinggal di gigi dan tidak dibersihkan, maka sisa-sisa makanan tersebut akan dicerna oleh kuman dan lama-lama dapat mengakibatkan karang gigi.

Karang gigi dapat menyebabkan hilangnya gigi. Karang gigi dapat menjadi tempat hidup bakteri. Hal ini dapat mengakibatkan penyakit gusi, contohnya gingivitis (radang gusi). Tanda dari penyakit ini dapat berupa warna gusi merah mengkilat, gusi agak bengkak, licin dan sering mengeluarkan darah jika disentuh atau ketika menyikat gigi.

Untuk menghilangkan karang gigi, ada cara-cara tertentu yang dapat dilakukan. Berikut cara menghilangkan karang gigi :

1. Sikat gigi minimal 2 kali dalam sehari
Agar gigi tetap sehat, sikat gigi minimal 2 kali dalam sehari. Dalam sikat gigi tentunya tidak boleh sembarangan. Sikat gigi dengan cara yang direkomendasikan bisa menjadikan gigi tetap sehat. Pemilihan sikat gigi perlu diperhatikan, yaitu sikat gigi yang bulunya tidak terlalu keras dan juga tidak terlalu lembut. Cara menyikat gigi yang direkomendasikan adalah dengan arah vertikal.

2. Mengonsumsi apel
Apel merupakan buah yang mengandung banyak manfaat. Salah satunya adalah untuk menghilangkan karang gigi. Mengonsumsi apel dapat  membantumenghilangkan plak. Jadi, konsumsi apel adalah langkah yang baik untuk membersihkan karang gigi.

3. Biji asam kawak
Selain apel, biji asam kawak juga dapat dimanfaatkan untuk menghilangkan karang gigi. Caranya, sediakan biji asam kawak secukupnya lalu sangrai (teknik menggoreng tanpa menggunakan minyak). Setelah disangrai, haluskan biji asam kawak tersebut dengan cara ditumbuk atau diblender. Cara penggunaannya, gosokkan biji asam kawak yang sudah dihaluskan tersebut pada gigi yang terdapat karang gigi.

Itulah cara menghilangkan karang gigi. Selain cara tersebut, menghilangkan karang gigi juga bisa dengan berkumur menggunakan cairan pembersih mulut.

3 Responses to "Cara Alami Menghilangkan Karang Gigi"

  1. saya sering berkunjung di blog-blog, postingan ini sangat menarik serta enak dibaca cara alami menghilangkan karang gigi.... saya berharap bisa berkunjung lagi

    BalasHapus
  2. Terima kasih atas kunjungannnya :)

    BalasHapus
  3. Kalau saya menghilangkan karang gigi memakai apel ternyata ada di blog ini

    BalasHapus

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel