Manfaat Kunyit untuk Kesehatan

Manfaat kunyit untuk kesehatan - Kunyit sering dijadikan sebagai bumbu dapur. Selain itu, kunyit juga sering digunakan sebagai bahan pewarna alami. Kunyit juga dimanfaatkan untuk menutup bau yang tidak enak, seperti bau bahan makanan yang amis.

Kunyit mengandung kurkuminoid dan minyak atsiri. Warna kuning pada kunyit berasal dari kandungan kurkuminoid yang mengandung kurkumin. Dengan kandungan yang terdapat pada kunyit, kunyit memiliki banyak khasiat untuk kesehatan. 


Berikut ini adalah manfaat kunyit untuk kesehatan.

1. Sebagai obat kanker
Pada orang yang menderita penyakit kanker, sel-sel kanker menjalar melalui pembuluh darah dan jaringan kanker tersebut bisa menjadi tumor. Manfaat kunyit sebagai obat kanker berkaitan dengan kandungan kurkumin. Kurkumin dapat mengobati kanker dengan cara menghambat laju pertumbuhan pembuluh darah tersebut.

2. Memperlambat kepikunan
Kepikunan merupakan hal yang wajar pada orang usia lanjut. Orang berusia lanjut dapat terserang penyakit Alzheimer, yaitu suatu penyakit di mana kapasitas fisik otak berkurang. Kunyit dapat bermanfaat untuk memperpanjang jangka waktu kemampuan kognitif otak. Sering mengkonsumsi kunyit dapat memperlambat kepikunan.

3. Memperlancar haid
Kunyit dapat berkhasiat untuk memperlancar haid. Wanita yang mengalami masalah haid dapat menggunakan kunyit untuk mengatasi masalah tersebut. Efek farmakologis kunyit dapat memperlancar darah dan haid serta dapat mengurangi rasa nyeri dan rasa lelah ketika haid atau datang bulan.

4. Mengatasi diare
Diare dapat diatasi dengan cara meminum sari kunyit. Caranya, sediakan kunyit secukupnya dan cuci dengan air bersih. Setelah itu, iris kunyit lalu rebus dengan air. Tambahkan dengan satu sendok teh air kapur sirih lalu aduk hingga rata. Setelah itu dinginkan lalu saring. Minum airnya sebanyak 3 kali dalam sehari.

5. Borok
Kunyit dapat bermanfaat untuk mengobati borok. Caranya, parut kunyit yang berukuran sebesar ibu jari lalu tambahkan dengan 1 sendok teh air kapur sirih dan air perasan satu buah jeruk nipis. Aduk hingga rata. Setelah itu, oleskan pada bagian kulit yang terdapat borok.

Itulah beberapa manfaat kunyit untuk kesehatan. Sebenarnya masih banyak lagi manfaat kunyit bagi kesehatan. Meski begitu, penggunaan kunyit secara berlebihan bisa menimbulkan komplikasi. Pada penderita batu empedu, kunyit tidak boleh digunakan. Pada ibu hamil, sebelum mengkonsumsi kunyit dalam jumlah tinggi harus berkonsultasi dulu dengan dokter. Pada orang lanjut usia, mengkonsumsi kunyit secara berlebihan dapat menyebabkan gangguan ginjal dan hati serta menyebabkan nyeri lambung.



8 Responses to "Manfaat Kunyit untuk Kesehatan"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel