Cara Mencegah Kutu Air pada Kaki

Cara mencegah kutu air pada kaki - Kebiasaan kaki yang memakai kaus kaki dan sepatu dapat membuat kaki berkeringat dan menimbulkan bau yang tidak sedap. Hal ini juga dapat menimbulkan kutu air sebagai akibat dari munculnya jamur karena keadaan kaki yang berkeringat. Kutu air bisa menyebabkan kaki terasa gatal dan bisa menyebabkan luka terlalu sering digaruk.

Kutu air dapat timbul pada sela-sela jari kaki dan di bawah jari kaki. Bila sudah terkena kutu air, timbul gatal-gatal pada kaki dan luka yang dapat terus meluas. Semakin sering digaruk, semakin besar potensi kutu air tersebut untuk dapat meluas. Cara mengatasi kutu air bisa dengan menggunakan salep tertentu yang dioleskan pada bagian kaki yang terkena kutu air. Namun, kutu air bisa dicegah. Berikut ini adalah cara mencegah kutu air pada kaki :

1. Membersihkan kaki sebelum memakai sepatu
Membersihkan kaki sebelum memakai sepatu bisa bermanfaat untuk mencegah kutu air. Hal ini berguna agar bakteri tidak berkembang dengan cepat ketika memakai sepatu dalam waktu yang lama.

2. Mengganti kaus kaki setiap hari
Mengganti kaus kaki setiap hari bermanfaat agar bakteri yang terdapat pada kaus kaki tidak dapat berkembang pada kaki karena kaus kaki yang sudah terkena bakteri tidak lagi digunakan.

3. Membersihkan kaki
Setelah melakukan aktivitas misalnya bekerja, cuci kaki untuk menjaga kebersihan kaki. Mencuci kaki juga bisa meminimalisir bau kaki yang menyengat.

4. Mencuci sepatu
Cuci sepatu yang biasanya digunakan agar bakteri yang terdapat pada sepatu tidak berkembang. Biasakan juga untuk tidak meletakkan sepatu pada tempat yang lembab.

5. Merendam kaki
Jika kaki sudah merasa gatal, rendam kaki ke dalam air hangat. Caranya, siapkan baskom yang berisi air hangat lalu tambahkan garam. Setelah itu, rendam kaki ke dalam air hangat yang sudah ditambahkan garam tersebut. Hal ini berguna untuk membunuh kuman. Selain itu, merendam kaki dengan cara seperti ini juga bisa membuat kaki menjadi rileks.

Itulah cara mencegah kutu air pada kaki. Inti dari mencegah kutu air pada kaki adalah menjaga kebersihan kaki dan alat-alat yang berhubungan dengan kaki, seperti kaus kaki, sepatu dan sandal. Kaki yang terkena kutu air bisa menimbulkan gatal dan semakin digaruk semakin besar potensi kutu air tersebut meluas. Namun, ada cara untuk mencegahnya...

0 Response to "Cara Mencegah Kutu Air pada Kaki"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel