Cara Menghilangkan Rasa Malu Dalam Diri

Cara menghilangkan rasa malu - Menghilangkan rasa malu bukan berarti melakukan cara agar tidak mempunyai rasa malu sama sekali, tapi menghilangkan rasa malu pada keadaan-keadaan tertentu. Sikap malu perlu dimiliki oleh setiap orang, tapi kalau malu berlebihan juga dapat merugikan diri sendiri dan orang lain.

Pada saat rasa malu datang, biasanya berdampingan dengan rasa takut akan pendapat orang terhadap penampilan, gaya, cara bicara, dll. Rasa malu dan tidak percaya diri jelas pernah dirasakan oleh hampir semua orang.

Lalu bagaimana cara menghilangkan rasa malu? Berikut ini adalah cara-cara yang bisa dilakukan untuk menghilangkan rasa malu :

1. Bernapas dalam-dalam
Bernapas dalam-dalam bisa membuat perasaan dan dapat membantu mengurangi rasa grogi. Perasaan malu juga dapat menimbulkan rasa grogi. Jadi, bernapas dalam-dalam bisa membantu mengurangi rasa malu dan menghilangkan rasa galau di hati.

2. Jangan takut salah
Dalam mengatakan sesuatu kebenaran usahakan untuk tidak takut salah. Misalnya, seorang guru memberikan pertanyaan pada murid-muridnya di kelas. Ada seorang siswa yang bisa menjawab pertanyaan tersebut, tapi tidak berani menjawab karena takut salah. Hal ini perlu dihindari, karena belum tentu salah, bisa saja malah benar jawabannya.

3. Sering berkumpul dengan teman
Hal selanjutnya yang dapat dilakukan untuk menghilangkan rasa malu adalah dengan sering berkumpul dengan teman. Ngobrol dengan teman bisa menghilangkan rasa malu kepada teman. Misalnya, saat siswa masuk ke sekolah baru dan ia masih malu untuk berbincang dengan teman-temannya. Dengan ngobrol dengan teman, yang awalnya hanya sekedar berkenalan, lama-lama bisa menimbulkan keakraban.

4. Tingkatkan rasa percaya diri
Rasa malu bisa timbul karena ada rasa kurang percaya diri. Oleh karena itu, meningkatkan rasa percaya diri merupakan hal yang dapat dilakukan untuk menghilangkan rasa malu.

5. Konsultasi
Cara lainnya yang bisa dilakukan untuk membantu menghilangkan rasa malu adalah dengan melakukan konsultasi untuk mengetahui penyebab dari timbulnya rasa malu. Dalam hal ini, psikolog. Tidak harus bertemu langsung dengan psikolog, zaman sekarang sudah ada internet dan konsultasi bisa dilakukan secara online.

Itulah cara menghilangkan rasa malu. Hal yang penting untuk menghilangkan rasa malu adalah dengan mencari penyebab dari rasa malu tersebut. Jadi, rasa malu yang berlebihan bisa merugikan diri sendiri dan juga orang lain.

5 Responses to "Cara Menghilangkan Rasa Malu Dalam Diri"

  1. menghilangkan rasa malu / sebut saja membangkitkan rasa percaya diri bisa dilihat gerak-gerik seseorang tersebut
    1.ketahuilah musuh anda
    2.lakukan keseimbangan diri
    3.hapuskan pikiran negatif dalam diri anda
    4.dan berfikir lah bahwa anda tidak sendirian
    terima kasih .

    BalasHapus
  2. Ijin copas ya boz,
    artikel ini sngat ccok bwt shabat sya yg super pemalu..

    BalasHapus
  3. tapi bagaimana supaya interaksi dg org baru di temui?

    BalasHapus
  4. bagaimana cara menghilangkan rasa malu terhada org2 sekitar.?

    BalasHapus
  5. anda bisa menghilangkan rasa malu, dapatkan tips2nya di www.womenmagnet.com / youtube ID womenmagnetdotcom

    BalasHapus

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel