Cara Menghilangkan Mata Ikan di Kulit


Cara menghilangkan mata ikan di kulit - Mata ikan merupakan suatu kelainan yang terjadi pada kulit manusia berupa penebalan kulit. Penebalan kulit tersebut dapat terjadi akibat tekanan atau gesekan benda keras. Kulit yang berada di tempat yang lembab juga bisa menjadi keras. Awalnya, penebalan kulit tersebut berguna untuk melindungi kulit, namun bila bertambah luas dapat menyebabkan radang dan nyeri. Kondisi mata ikan yang parah dapat menimbulkan borok atau ulkus.

Mata ikan disebabkan oleh virus HPV. Penyebab mata ikan yang lainnya adalah adanya tekanan yang berlebihan dan secara berkesinambungan pada bagian kulit tertentu. Mata ikan dapat menyebabkan borok kemudian bisa terjadi infeksi. Jika penderitanya adalah orang yang gemuk dan memakai alas kaki yang sempit sehingga telapak kaki mendapatkan tekanan yang sangat besar. Tekanan dan gesekan yang terjadi secara terus-menerus pada satu anggota tubuh dapat menyebabkan mata ikan.

Lalu bagaimana cara mengatasi mata ikan di kulit? Mengatasi mata ikan adalah dengan cara mengurangi penyebabnya. Misalnya, mata ikan disebabkan karena seringnya penggunaan sepatu yang sempit, maka tinggalkan dulu kebiasaan memakai sepatu yang sempit untuk beberapa waktu.

Ada cara sederhana yang bisa dilakukan untuk menghilangkan mata ikan. Cara yang bisa dilakukan untuk menghilangkan mata ikan adalah dengan menggunakan batu apung atau sabun yang khusus untuk kulit.

Berikut ini adalah cara yang bisa dilakukan untuk menghilangkan mata ikan di kulit kaki.

Sebelum mulai memakai batu apung atau sabun yang khusus digunakan kulit, terlebih dahulu rendam kaki dengan menggunakan air hangat yang dcampur dengan sabun mandi yang lembut dalam waktu kurang lebih 15 menit.

Setelah itu, gunakan batu apung atau sabun yang khusus digunakan untuk kulit untuk digosokkan pada bagian kulit yang mengalami penebalan. Jangan mengikis kulit yang mengalami penebalan secara sekaligus, tapi sedikit demi sedikit secara bertahap. Setelah beberapa waktu, angkat kaki dari rendaman kemudian cuci dengan menggunakan air bersih lalu keringkan kaki dengan menggunakan handuk kering.

Oleskan salep yang memiliki kandungan salisilat 40% sebelum kaki benar-benar mengering. Salep tersebut berguna untuk mengangkat sel-sel kulit mati.

Itulah cara menghilangkan mata ikan di kulit, khususnya kulit kaki.

ARTIKEL TERKAIT :

{ 0 komentar... read them below or add one }

Posting Komentar