Penyebab dan Cara Menghilangkan Varises

Penyebab dan Cara menghilangkan varises - Varises adalah kelainan yang terjadi pada pelebaran pembuluh vena, yaitu pembuluh yang bekerja untuk mengangkut darah dari seluruh jaringan tubuh menuju jantung. Tanda penyakit ini berupa munculnya tonjolan urat yang bisa dilihat jelas dengan mata. Varises sebenarnya tidak berbahaya, hanya saja penyakit ini bisa menghalangi seseorang yang ingin mendaftar TNI. Hal ini karena calon TNI tidak boleh memiliki penyakit varises.

Penyebab Varises

Varises bisa disebabkan oleh berkurangnya dinding pembuluh vena yang mengakibatkan pembuluh vena melemah dan tidak dapat mengalirkan darah ke jantung seperti biasanya. Darah yang mengalir dari kaki ke jantung bergerak dengan melawan gravitasi bumi. Oleh sebab itu, pembuluh darah harus kuat, begitu juga dengan pergerakan otot yang ada di sekitarnya. Selain itu, varises juga dapat disebabkan oleh rusaknya klep pada pembuluh vena. Fungsi klep tersebut adalah untuk menahan agar darah yang mengalir menuju ke jantung tidak dapat keluar kembali. Jika klep tersebut rusak, maka darah akan menggumpal sehingga aliran darah dapat mengalami gangguan.

Penyakit varises bisa dihilangkan secara alami. Cara mengobatinya juga cukup mudah, hanya saja perlu kesabaran. Berikut cara menghilangkan varises :

1. Olahraga
Olahraga memang memiliki banyak manfaat, salah satinya adalah untuk membantu menghilangkan varises. Jenis olahraga yang berguna untuk membantu menghilangkan varises adalah jenis olahraga yang melibatkan otot kaki. Seperti jalan cepat, jalan santai, bersepeda dan jogging. Itulah beberapa jenis olahraga yang dapat membantu menghilangkan varises.

2. Memperbanyak konsumsi makanan yang mengandun serat tinggi dapat merangsang sirkulasi darah
Cara alami yang dapat membantu menghilangkan penyakit varises adalah dengan memperbanyak konsumsi yang berserat tinggi dan makanan yang dapat merangsang sirkulasi darah. Jenis makanan berserat tinggi dapat berupa buah-buahan dan sayur-sayuran, sedangkan jenis makanan yang dapat merangsang sirkulasi darah adalah jahe, cabai merah, bawang bombay, bawang merah dan bawang putih. Selain itu, perbanyak juga konsumsi makanan yang kaya akan vitamin C, vitamin E, vitamin B6, vitamin B kompleks, kalsium, asam folat, zinc dan magnesium.

3. Memijat daerah yang rawan varises
Cara selanjutnya yang dapat membantu menghilangkan varises adalah memijat daerah yang rawan varises dengan arah pijatan menuju ke jantung secara lembut. Untuk memijatnya, bisa dengan menggunakan minyak esensial yang telah dilarutkan. Hal yang tidak disarankan adalah memijat pada daerah yang terkena varises, karena bisa mengakibatkan pembuluh vena pecah.

4. Berbaring dengan posisi tungkai dan kaki lebih tinggi dari jantung
Berbaring dengan posisi seperti ini dapat dilakukan dengan menyandarkan kaki pada dinding. Lakukan kegiatan ini selama 20 menit setelah melakukan aktivitas sehari-hari. Selain itu, usahakan tidur dengan posisi tersebut bagi orang yang terkena varises.

Selain ke 4 cara tersebut, cara lainnya yang perlu dicoba untuk membantu menghilangkan varises adalah dengan tidak berdiri terlalu lama, sering duduk dengan berselonjor kaki, tungkai dan panggul.

Itulah cara menghilangkan varises yang dapat dicoba untuk membantu menghilangkan varises. Cara lainnya untuk menghilangkan varises dan melibatkan dokter atau ahli adalah suntik varises.

0 Response to "Penyebab dan Cara Menghilangkan Varises"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel