Cara Menghilangkan Tato pada Anggota Badan


Cara menghilangkan tato pada anggota badan - Tato menjadi trend bagi sebagian orang. Namun, banyak juga yang menganggap bahwa tato bukanlah hal yang baik. Keputusan membuat tato dapat menjadi penyesalan di kemudian hari dan timbul keinginan untuk menghapus tato tersebut. Bagaimana cara menghapusnya?

Tato merupakan lukisan dengan media kulit tubuh dan didesain secara permanen dengan cara menyuntikkan pigmen ke dalam lapisan dermal kulit. Karena tato didesain secara permanen, maka menghapus tato bukanlah hal yang mudah. Ada beberapa cara yang bisa digunakan untuk menghapus tato. Namun, hasil dari penghapusan tato berupa bekas yang ditimbulkan dan tingkat variasi warna yang ditinggalkan tergantung beberapa faktor, seperti lokasi tato, ukuran tato, kemampuan tubuh seseorang dalam menyembuhkan diri, seberapa lama tato telah dibuat dan cara penerapan tato.

Cara yang digunakan untuk menghapus tato antara lain eksisi, cryosurgery dan dermabrasi. Ketiga metode tersebut merupakan metode untuk menghilangkan tato. Berikut penjelasan mengenai metode yang dapat digunakan sebagai cara menghilangkan tato di anggota badan.

1. Eksisi
Eksisi merupakan metode penghapusan tato di mana ahli bedah dermatologi menghilangkan tato dengan menggunakan pisau bedah dan menutup luka jahitan.

2. Cryosurgery
Cryosurgery merupakan metode penghapusan tato di mana bagian kulit yang terdapat tato dibekukan terlebih dahulu sebelum tato dihapus.

3. Dermabrasi
Dermabrasi merupakan metode penghapusan tato di mana bagian kulit akan "diampelas" terlebih dahulu untuk menghilangkan lapisan tengah dan lapisan permukaan kulit.

Metode penghapusan tato seringkali menimbulkan rasa sakit dan meninggalkan bekas luka. Metode lainnya untuk menghapus tato adalah dengan laser karena risikonya lebih rendah dan tidak menyebabkan pendarahan, sehingga dapat menjadi pilihan dengan efek samping yang minimal.

Jenis laser yang digunakan dalam penghapusan tato tergantung pada warna pigmen pada tato. Hitam dan biru merupakan warna yang mudah dihilangkan. Sebaliknya, hijau dan kuning merupakan warna yang sulit dihilangkan.

Cara kerja laser adalah dengan menghasilkan pulsa pendek dari cahaya kuat yang lewat melalui bagian lapisan atas kulit untuk diserap pigmen tato secara efektif. Energi laser tersebut dapat menyebabkan pigmen pada tato terurai menjadi partikel dengan ukuran yang lebih kecil yang kemudian disingkirkan atau diserap oleh sistem kekebalan tubuh manusia. Laser bekerja secara selektif pada pigmen tato dengan tidak merusak kulit yang ada di sekitarnya. Jadi, laser tidak menghapus pigmen kulit normal.

Itulah cara menghilangkan tato pada anggota badan. Yang perlu diingat adalah proses pembuatan dan penghapusan tato merupakan proses yang menyakitkan.

ARTIKEL TERKAIT :

{ 0 komentar... read them below or add one }

Posting Komentar