Cara Menghilangkan Kutu Rambut

Cara menghilangkan kutu rambut -  Kutu rambut bisa menjadi masalah, baik bagi orang dewasa mau pun anak kecil. Meski tidak menimbulkan masalah kesehatan yang serius, kutu rambut bisa mengakibatkan gatal pada kepala. Pada anak yang masih sekolah, kutu rambut bisa mengganggu proses belajar. Anak yang memiliki kutu rambut bisa terganggu konsentrasinya karena rasa gatal yang bisa datang tiba-tiba.

Karena warnanya yang mirip dengan warna rambut, kutu rambut sulit ditemukan. Tanda utama seseorang memiliki kutu rambut adalah sering menggaruk kepala. Karena sering menggaruk kepala bukan hanya gejala seseorang memiliki kutu rambut, perlu adanya langkah untuk memastikan seseorang memiliki kutu rambut atau tidak. Caranya adalah dengan menggunakan sisir khusus untuk membersihkan kutu rambut (serit). Tidak seperti sisir biasa, serit bergigi rapat dan berbilah dua. Menyisir rambut dengan menggunakan serit bisa menyebabkan kutu rambut berjatuhan. Oleh karena itu, harus ada alas dapat berupa kertas berwarna putih untuk tempat jatuhnya kutu rambut. Kutu rambut yang jatuh jangan dibiarkan pergi, melainkan dibunuh.

Untuk menghilangkan kutu rambut, ada beberapa hal yang dapat dilakukan. Berikut beberapa cara menghilangkan kutu rambut :

1. Memotong rambut
Cara paling mudah bagi anak laki-laki yang memiliki kutu rambut adalah mencukur gundul. Untuk menghindari kemungkinan kutu rambut berpindah ke rambut orang lain, sebaiknya hal tersebut tidak usah dilakukan di salon.

2. Menggunakan minyak kelapa
Minyak kelapa bisa membuat kutu rambut lemas dan dehidrasi. Caranya, tuang minyak kelapa hangat di kepala lalu remas-remas rambut seperti halnya melakukan keramas. Setelah itu, bungkus kepala dengan menggunakan topi mandi plastik. Pagi harinya, bilas rambut dengan menggunakan air bersih untuk membersihkan minyak. Sisir rambut dengan menggunakan sisir khusus untuk menghilangkan telur-telur kutu yang melekat pada rambut. Jika diperlukan, ulangi langkah-langkan tersebut.

3. Minyak kayu putih dan jeruk nipis
Untuk menghilangkan kutu rambut dengan menggunakan minyak kayu putih dan jeruk nipis, caranya buat campuran antara beberapa sendok minyak kayu putih dengan air hasil perasan jeruk nipis. Pakai campuran tersebut untuk membasahi rambut, lalu pijat kulit kepala dan remas-remas rambut selama beberapa menit secara merata. Setelah itu, tutup kepala dengan menggunakan topi mandi plastik dan biarkan selama kurang lebih satu jam. Setelah itu, bersihkan rambut dengan cara berkeramas. Selanjutnya, sisir rambut dengan menggunakan sisir khusus untuk menghilangkan telur-telur kutu yang masih menempel pada rambut. Ulangi cara tersebut beberapa kali dalam seminggu hingga kutu rambut hilang.

Itulah cara menghilangkan kutu rambut secara alami dan tradisional namun hasilnya terbukti efektif.

3 Responses to "Cara Menghilangkan Kutu Rambut"

  1. kalau untuk cowok emang gampang sih kalau kutuan, tinggal dibotakin aja, pernah adik saya kena kutuan, adik saya itu perempuan, dan akhirnya rambutnya dipotong agak pendek

    BalasHapus
  2. Mengunjungi blog yang bagus dan penuh dengan informasi menarik tentang cara menghilangkan kutu rambut adalah merupakan kebahagiaan tersendiri bagi kami... teruslah berbagi informasi

    BalasHapus

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel