Cara Alami Menghilangkan Ketombe

Cara alami menghilangkan ketombe - Ketombe merupakan sel-sel kulit mati yang mengelupas secara berlebihan dari kulit kepala. Ketombe bukanlah makhluk hidup seperti halnya kutu rambut, namun ketombe merupakan kulit mati yang terdapat pada kulit kepala. Pengelupasan sel kulit mati yang terjadi pada kulit kepala merupakan hal yang biasa. Tetapi, hal tersebut dapat menjadi berlebihan.

Penyebab ketombe ada berbagai macam. Salah satunya adalah kulit yang berminyak. Kulit yang berminyak dapat menjadi penyebab ketombe. Adanya lapisan minyak berlebihan yang terdapat pada kulit kepala bisa menjadi kering dan tebal serta dapat menjadi serpihan dalam bentuk ketombe.

Penyebab lain ketombe adalah keringat. Produksi keringat yang banyak dapat menyebabkan ketombe, apalagi bagi orang yang tidak keramas.

Ketombe juga bisa disebabkan oleh jamur. Apabila jamur trsebut sepenuhnya tidak dapat dihilangkan, maka ketombe juga tidak bisa dihilangkan sepenuhnya, hanya dapat dikontrol.

Itulah beberapa penyebab ketombe. Hal lain yang dapat menyebabkan ketombe adalah penggunaan minyak rambut, kurang bersih dalam membilas sampo, gangguan hormon, jarang membersihkan rambut dan masih ada penyebab lainnya.

Bila di kepala terdapat ketombe, cobalah untuk menghilangkannya agar ketombe tidak semakin banyak. Ketombe dapat mengakibatkan gatal-gatal. Menggaruk kepala bisa mengurangi rasa gatal, namun hal ini dapat mengakibatkan luka pada kulit kepala dan rentan terkena infeksi.

Bila masalah ketombe masih ringan, cara menghilangkan ketombe bisa dengan lebih sering berkeramas. Bila sampo anti ketombe ringan tidak juga menghilangkan ketombe, bisa jadi kulit kepala sudah terkena masalah ketombe yang parah. Cara mengatasinya bisa dengan menggunakan obat khusus anti ketombe yang memiliki kandungan asam salisilat, zinc pyrithione, selenium sulfida dan zat aktif lainnya. Karena obat ini memiliki efek yang kuat, gunakan seperlunya saja. Kemudian, biarkan setidaknya 5 menit sebelum membilasnya. Setelah itu, pijat kulit kepala secara perlahan dengan ujung jari. Hal ini bermanfaat untuk melancarkan sirkulasi darah pada kepala.

Selain menggunakan sampo dan obat khusus anti ketombe, menghilangkan ketombe juga bisa dengan cara alami, yaitu dengan menggunakan jeruk nipis dan santan kelapa.

Berikut cara alami menghilangkan ketombe : 

 1. Cara menghilangkan ketombe dengan santan kelapa

Caranya, siapkan kelapa lalu buatlah santan dari setengah butir kelapa. Buat campuran antara santan dari setengah butir kelapa, satu setengah gelas air kelapa, air perasan jeruk nipis dan satu gelas jus nanas. Aduk campuran tersebut hingga merata. Untuk mengunakannya, cuci rambut dengan campuran tersebut. Setelah itu, keramasi rambut. Lakukan cara tersebut satu kali dalam 5 hari.

2. Cara menghilangkan ketombe dengan jeruk nipis

Sediakan jeruk nipis lalu peras airnya. Siram 2 sendok makan air perasan jeruk nipis ke kepala. Setelah itu, remaslah rambut dan kulit kepala lalu ambil satu gelas air kemudian tambahkan 1 sendok makan cairan lemon ke dalam gelas tersebut. Setelah itu, siram ke rambut.

Itulah cara alami menghilangkan ketombe. Semoga bermanfaat...

2 Responses to "Cara Alami Menghilangkan Ketombe"

  1. Hehehe..
    Tips tips diatas hanya untuk cara menghilangkan ketombe. Shampoo tetap dibutuhkan untuk keramas sehari hari, tentunya setelah ketombenya hilang...

    BalasHapus

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel